Efektivitas metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMPN 2 Tugu Kabupaten Trenggalek / Tito Kukuh Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMPN 2 Tugu Kabupaten Trenggalek / Tito Kukuh Prasetyo

Prasetyo, Tito Kukuh (2019) Efektivitas metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMPN 2 Tugu Kabupaten Trenggalek / Tito Kukuh Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Tito Kukuh. 2019. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMP Negeri 2 Tugu Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nur Eva S.Psi M.Psi Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di smp negeri 2 tugu kabupaten trenggalek. keseluruhan jumlah siswa di SMP Negeri 2 Tugu sebanyak 182 orang yang kemudian diambil sampel dengan metode Nonrandomised sampling dan ditentukan bahwa sampel penelitian sejumlah 64 siswa dalam dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah skala hasil belajar bahasa Inggris dengan tingkat reliabilitas sebesar 0 981. Hasil belajar siswa ditentukan berdasarkan nilai pretest dan posttest. Selisih nilai inilah yang menjadi acuan keberhasilan dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis komparatif anava gain score diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 012 artinya pembelajaran kooperatif jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif jigsaw efektif mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris. Pembelajaran ini menjadikan siswa lebih memahami materi dan langsung menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari sehingga materi akan terekam dalam memori siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan skala yang lebih baik lagi pada skala prestasi belajar bahasa inggris. Guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif jigsaw dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Tugu Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101358

Actions (login required)

View Item View Item