Hubungan psychological capital dengan prestasi akademik pada siswa SMPN 5 Malang / Brilliandani Kirara Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan psychological capital dengan prestasi akademik pada siswa SMPN 5 Malang / Brilliandani Kirara Putri

Putri, Brilliandani Kirara (2019) Hubungan psychological capital dengan prestasi akademik pada siswa SMPN 5 Malang / Brilliandani Kirara Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Brilliandani Kirara. 2019. Hubungan psychological capital dengan prestasi akademik siswa SMPN 5 Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi Kata kunci psychological capital. prestasi akademik dan siswa SMPN 5 Malang Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya penurunan prestasi akademik yang terjadi pada sekolah yang menerapkan sistem zonasi. Berbagai permasalahan muncul diantaranya sejumlah siswa di drop out karena tidak mampu mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian yakni (1) mengetahui gambaran psychological capital (2) mengetahui gambaran prestasi akademik (3) adakah hubungan psychological capital dengan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang teknik sample yang diambil cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah skala psychological capital yang disusun oleh Luthan dkk (2007) kemudian diadaptasi oleh Liran Miller (2017) dalam aplikasinya di bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan skala psychological capital dengan reliabilitas 0 774 dan 23 aitem. Data prestasi akademik diambil dari rata-rata nilai UTS tiga mata pelajaran yaitu matematika IPA Bahasa Indonesia. Jumlah populasi adalah 297 dan sampel penelitian adalah 180 siswa.. Uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa memiliki psychological capital seimbang 50% diantara tinggi dan rendah (2) Sebagian besar siswa memiliki prestasi akademik tinggi. (3) Adanya hubungan yang signifikan berarah positif diantara psychological capital dengan prestasi akademik. Koefisien korelasi yang diperoleh 0.273 Saran yang dapat diberikan Siswa-siswi SMPN 5 Malang. Bagi siswa sebaiknya meningkatkan kemampuan mengenali diri dan meningkatkan psychological capital agar mampu memaksimalkan potensi dan prestasi akademik yang akan dicapai. Bagi guru dan sekolah Jika sekolah ingin meningkatkan prestasi akademik maka psychological capital siswa juga perlu ditingkatkan. Bagi orang tua sebaiknya dapat mengenali potensi sumber daya psikologis dalam hal ini psychological capital yang dimiliki putra-putrinya agar mampu memaksimalkan potensi dan prestasi akademik putra-putri mereka. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menghubungkan variabel psychological capital dengan hasil dari proses akademis lain seperti academic engagement kemudian dapat melihat pengaruh pada masing-masing dimensi psychological capital dengan suatu hasil proses akademik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101355

Actions (login required)

View Item View Item