Prahastiwi, Afelorensa Sella (2019) Hubungan konsep diri dan persepsi tentang peran tutor dengan motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar Paket C di Kota Blitar / Afelorensa Sella Prahastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Prahastiwi Afelorensa Sella. 2019. Hubungan Konsep Diri dan Persepsi tentang Peran Tutor dengan Motivasi Belajar Anak Putus Sekolah yang Mengikuti Kejar Paket C Di Kota Blitar. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi Kata kunci konsep diri persepsi tentang peran tutor motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran konsep diri anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar (2) gambaran persepsi anak tentang peran tutor anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar (3) motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar (4) hubungan konsep diri dengan motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar (5) hubungan persepsi anak tentang peran tutor dengan motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar (6) hubungan konsep diri dan persepsi tentang peran tutor dengan motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi adalah semua anak putus sekolah yang mengikuti kejar Paket C di kota Blitar dengan jumlah 597 orang yang terdiri dari 4 PKBM. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa diambil dengan teknik simple random sampling . Terdapat tiga buah skala psikologi yang digunkan sebagai instrument penelitian (1) konsep diri (2) persepsi tentang peran tutor dan (3) motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) konsep diri anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar adalah positif (2) persepsi tentang peran tutor anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di Kota Blitar adalah positif (3) motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di Kota Blitar tinggi (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar (5) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang peran tutor dengan motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar (6) ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan persepsi tentang peran tutor dengan motivasi belajar anak putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di kota Blitar. Saran yang dikemukakan peneliti (1) bagi anak putus sekolah untu terus meningkatkatkan motivasi belajarnya mempunyai kepercayaan terhadap kemampuanya dan tidak terlalu mengandalkan tutor (2) bagi tutor kejar paket C hendaknya lebih meningkatkan perannya sebagai informator organisator meningkatkan kualitas dan kreatifitas (3) bagi PKBM lebih memerhatikan kondisi lingkungan dan media pembelajaran siswa (4) bagi peneliti lain hendaknya dapat meneliti dengan perbedaan sampel penelitian dan menambahkan variabel lain yang memengaruhi motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |