Hubungan dukungan sosial dan penerimaan diri mahasiswa indigo di Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang / Irnia Rahmawati Masfufah

Masfufah, Irnia Rahmawati (2019) Hubungan dukungan sosial dan penerimaan diri mahasiswa indigo di Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang / Irnia Rahmawati Masfufah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Masfufah, Irnia Rahmawati. 2019. Hubungan Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri Mahasiswa Indigo di Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mohammad Bisri, M.Si. Kata Kunci: dukungan sosial, penerimaan diri, individu indigo Fenomena indigo akhir – akhir ini menjadi sebuah permasalahan yang sering di bahas. Individu indigo yaitu individu yang mempunyai karakteristik khusus yang berfikiran secara rasional, memiliki spiritual yang tinggi, dan memiliki kemampuan ESP (Extra Sensory Perception). Permasalahan pada mahasiswa indigo bisa terjadi dari persepsinya terhadap karakteristik yang dimilikinya. Selain itu, permasalahan juga bisa timbul dari lingkungannya, dimana individu indigo merasakan berbeda dari lingkungan disekitarnya dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi individu indigo sehingga bisa mempengaruhi bagaimana individu indigo menerima keadaan dirinya yang berbeda dengan individu yang lainnya. Pro dan kontra terkait fenomena indigo mengakibatkan orang – orang disekitar banyak yang tidak mempercayai individu indigo, hal ini menyebabkan individu indigo tidak berani memperlihatkan potensinya di depan umum. Dukungan sosial adalah salah satu faktor yang kemungkinan memiliki hubungan positif dengan penerimaan diri, dan keluarga serta teman menjadi salah satu sumber dukungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dukungan sosial dan penerimaan diri pada individu indigo di Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mempunyai potensi indigo di Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Sampel penelitian berjumlah 36 responden yang dipilih berdasarkan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial yang terdiri dari 28 item dengan koefisien reliabilitas 0,931 dan skala penerimaan diri yang terdiri dari 30 item dengan koefisien reliabilitas 0,947. Analisis korelasi menggunakan product moment Pearson didapat koefisien korelasi sebesar 0,661 dengan p<0,05, nilai korelasinya tinggi, hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh maka semakin tinggi penerimaan dirinya, sebaliknya semakin rendah dukungan sosial yang diperoleh maka semakin rendah penerimaan dirinya. hasil analisis deskriptif menunjukkan sebanyak 20 responden (55,6%) menerima dukungan sosial pada kategori tinggi, dan 16 responden (44,4%) menerima dukungan sosial pada kategori rendah. Sebanyak 19 responden (52,8%) memiliki penerimaan diri pada kategori tinggi, dan 17 responden (47,2%) memiliki penerimaan diri pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) keluarga dan lingkungan sekitar agar selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada individu indigo sehingga individu indigo tidak merasa potensi indigo sebagai kekurangan yang harus ditiadakan, (2) individu indigo agar lebih bersikap terbuka pada orang yang dipercaya, menumbuhkan rasa percaya diri dan lebih menghargai dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101350

Actions (login required)

View Item View Item