Hubungan intensitas penggunaan gawai dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa SMAN1 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro / Adinda Ulfa Permatasari

Permatasari, Adinda Ulfa (2019) Hubungan intensitas penggunaan gawai dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa SMAN1 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro / Adinda Ulfa Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Permatasari, Adinda Ulfa. 2019. Hubungan Intensitas Penggunaan Gawai Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa SMAN 1 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: intensitas penggunaan gawai, keterampilan komunikasi interpersonal, siswa SMA Penerapan kebijakan sekolah berbasis IT dalam mengakses pembelajaran online menggunakan gawai menyebabkan siswa aktif melakukan aktivitasnya dengan gawai. Menurut teori used and gratification McQuail (2011), penggunaan gawai berlebih dipengaruhi adanya kepuasan tertentu, sehingga menyebabkan keterampilan komunikasi interpersonal kurang efektif. Akan tetapi, keterampilan komunikasi interpersonal sangat dibutuhkan siswa untuk menunjang kegiatan belajar, berdiskusi, bersosialisasi di masyarakat, dan bekal untuk melamar kerja. Oleh sebab itu, penelitian ini hendak melihat apakah terdapat hubungan intensitas penggunaan gawai dan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan mencakup siswa kelas X – XII di SMAN 1 Kedungadem. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proportional stratified random sampling berjumlah 122 siswa. Instrumen yang digunakan antara lain 25 aitem valid skala intensitas penggunaan gawai dengan reliabilitas 0,780 dan 48 aitem valid skala keterampilan komunikasi interpersonal dengan reliabilitas 0,928. Hipotesis diuji menggunakan analisis product moment dengan koefisien korelasi (rxy = -0,190) dan signifikan (p = 0,036 ≤ 0,05). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa walaupun signifikan tetapi koefisien korelasi sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa walaupun signifikan tetapi hubungannya tidak terlalu kuat sehingga banyak faktor lain terkait hubungan intensitas penggunaan gawai dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa siswa SMAN 1 Kedungadem memiliki (1) intensitas penggunaan gawai yang menunjukkan durasi penggunaan selama 2-3 jam per hari, dan frekuensi 4 kali dalam sehari, (2) keterampilan komunikasi interpersonal siswa tergolong masih dalam batas cukup, artinya bahwa siswa cukup mampu untuk membuka diri terhadap orang lain, mampu untuk menghargai orang lain, mampu untuk merespon perkataan lawan bicara, mampu berpikiran positif menilai orang lain, serta memiliki kemampuan yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan lawan bicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101347

Actions (login required)

View Item View Item