Efektivitas hypnobirthing dalam menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil di Kelurahan Songgokerto Kota Batu / Komang Dita Yani Parwati

Parwati, Komang Dita Yani (2019) Efektivitas hypnobirthing dalam menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil di Kelurahan Songgokerto Kota Batu / Komang Dita Yani Parwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Parwati, Komang Dita Yani. 2019. Efektivitas Hypnobirthing dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan pada Ibu Hamil di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Bisri, M.Si. Kata kunci: Hypnobirthing, Tingkat kecemasan, Ibu Hamil. Kehamilan adalah salah satu peristiwa yang unik dalam kehidupan wanita namun juga dapat menyebabkan kegelisahan karena kehamilan penuh dengan perasaan cemas dan takut mengenai hal-hal buruk yang akan terjadi terutama saat proses persalinan. Kecemasan pada saat kehamilan memiliki dampak negatif pada fisiologi ibu hamil dan janinnya. diantaranya adalah bayi lahir premature dan Kelahiran Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). Upaya untuk menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil ini dilakukan dengan pemberian Hypnobirthing training. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hypnobirthing dalam menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil. Penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen, dengan model one group pretest-posttest design. Analisis uji beda menggunakan analisis statistik parametrik paired sample t-test. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 ibu Hamil yang berada di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu dengan teknik purposive sampling. Treatment dilakukan menggunakan Panduan pelaksanaan hypnobirthing training untuk menurunkan tingkat kecemasan responden penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan sebanyak 42 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,837. Hasil penelitian ini adalah hypnobirthing efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan pada ibu Hamil di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. . Penurunan tersebut terlihat pada ketiga aspek kecemasan. Penurunan tertinggi terjadi pada aspek fisik, diikuti oleh aspek kognitif dan terakhir pada aspek emosi. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagi Ibu Hamil diharapkan agar dapat terus mempraktikan kegiatan hypnobirthing (relaksasi, gerakan lengan, dan afirmasi positif) guna menurunkan tingkat kecemasan saat kehamilan. Bagi peneliti selanjutnya isarankan untuk menyempurnakan rancangan eksperimen. Desain ekperimen dapat disempurnakan dengan menambah kelompok kontrol, melakukan post-test secara berkala, menambah metode seperti memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah yang kemudian pada sesi selanjutnya dapat dibawa kembali selain itu juga dapat diperketat pemilihan subjek dengan menambah variable kontrol seperti umur, pendidikan, pekerjaan, paritas dan tipe kepribadian pada ibu hamil agar data lebih homogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101345

Actions (login required)

View Item View Item