Hubungan kecerdasan emosi dengan keseimbangan hidup-kerja pada ibu yang bekerja di Bank BRI Cabang Kediri / Azmi Afifah Azizah

Azizah, Azmi Afifah (2019) Hubungan kecerdasan emosi dengan keseimbangan hidup-kerja pada ibu yang bekerja di Bank BRI Cabang Kediri / Azmi Afifah Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azizah, Azmi Afifah. 2019. Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Keseimbangan Hidup-Kerja pada Ibu yang Bekerja di Bank BRI Cabang Kediri. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi. Kata kunci: Kecerdasan emosi, keseimbangan hidup-kerja, ibu yang bekerja Meningkatnya jumlah pekerja wanita, akan dikuti dengan terciptanya tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi para wanita pekerja yang juga berperan sebagai ibu rumah tangga. Pekerja wanita yang memiliki anak, berkewajiban untuk mengasuh anak dan mengurus keperluan rumah tangga, sehingga memiliki kompleksitas peran dibandingkan pekerja wanita yang tidak memiliki anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosi dan keseimbangan hidup-kerja pada ibu yang bekerja di Bank BRI Cabang Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 63 orang ibu yang bekerja di Bank BRI Cabang Kediri dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang ibu yang bekerja. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala kecerdasan emosi dan skala keseimbangan hidup-kerja dengan reliabilitas 0,925 dan 0,939. Analisis data secara deskriptif menggunakan teknik presentase dan analisis korelasi menggunakan teknik product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dan keseimbangan hidup-kerja pada ibu yang bekerja di Bank BRI Cabang Kediri sebesar r=0,565 dengan p=0,000<0,05. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini, yaitu (1) bagi perusahaan, memberikan emotional question agar dapat lebih mengenali emosi mereka pada waktu tertentu, agar mereka dapat memahami situasi dalam pekerjaan, mempertimbangkan tindakan mereka, serta dapat mengendalikan diri mereka dalam situasi apapun. (2) ibu yang bekerja, diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenali emosi diri ataupun orang lain (empati), selain mengenali seorang ibu yang bekerja juga harus bisa mengelola emosi diri dan juga mengelola hubungan dengan orang disekitarnya, dan juga lebih bisa memotivasi diri untuk tujuan hidup yang sesuai harapan. (3) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sejenis diharapkan agar memperhatikan faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi kecerdasan emosi dan keseimbangan hidup-kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101344

Actions (login required)

View Item View Item