Efektivitas media pembelajaran pop-up book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita / Devi Adekantari Putri

Putri, Devi Adekantari (2019) Efektivitas media pembelajaran pop-up book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita / Devi Adekantari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Devi Adekantari. 2019. Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si Psikolog, Pembimbing (II) Aji Bagus Priyambodo, S.Psi., M.Psi Kata Kunci: Pop Up Book, kemampuan membaca, tunagrahita Tunagrahita merupakan kondisi dengan berbagai penyebab yaitu kesulitan dalam lingkungan sosial, manajemen diri atas perilaku, emosi, hubungan interpersonal dan motivasi. Anak yang tergolong tunagrahita dalam akademik masih kurang matang khususnya pada membaca, sehingga perlu adanya stimulasi berupa aktivitas dan permainan (media belajar) untuk meningkatkan kemampuan membaca tungrahita. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap kemampuan membaca awal anak yang tergolong tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatifdengan rancangan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar luar biasa dengan spesifikasi tunagrahita sebanyak 30 subjek.Sampel subjek pada penelitian ini berjumlah 10 orang dengan spesifikasi 5 orang kelompok kontrol dan 5 orang kelompok eksperimen yang diperoleh dengan teknik purposive sampling, teknik tersebut termasuk dalam jenis non-probability sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skor hasil pre-test dan post-test untuk data uji coba dan menguji hipotesis penelitian dimana selisih skor perubahan yang didapat menentukan siginifikansi eksperimen yang dilakukan. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan membaca sebanyak 20 aitem valid dengan reliabilitas 0,734. Teknik analisis menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil perhitungan menunjukkan signifikansi 0,015 (p < 0,05) yang berarti terdapat perubahan skor antara hasil pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan eksperimen yang diperkuat dengan pemberian perlakuan berupa media pop up book. Subjek terbagi atas dua kelompok, dimana kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan, sedangkan kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa media pop up book. Bagi subjek kelompok kontrol masih membutuhkan stimulasi serta pembiasaan intensif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan bagi subjek yang tergabung dalam kelompok eksperimen perlu adanya pembiasaan secara kontinu sehingga kemampuan membaca anak tunagrahita dapat dikembangkan dan dipertahankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101336

Actions (login required)

View Item View Item