Hubungan dukungan sosial dan penyesuaian diri pada warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba / Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan sosial dan penyesuaian diri pada warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba / Nur Aini

Aini, Nur (2019) Hubungan dukungan sosial dan penyesuaian diri pada warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba / Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aini Nur. 2019. Hubungan Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Pada Warga Binaan Pemasyarakatan Remaja Penyalahgunaan Narkoba. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. (II) Pravissi Shanti S.Psi. M.Psi Kata Kunci dukungan sosial penyesuaian diri warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan penggunaan narkoba yaitu seorang tersebut akan dimasukkan ke dalam Lembaga Pemasyarakatan menurut UU yang berlaku. Remaja membutuhkan dukungan sosial untuk mendukung penyesuaian diri di dalam lapas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan penyesuaian diri warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba di Lapas IIb Kota Probolinggo. Sampel penelitian sejumlah 50 subyek. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner dua skala yaitu skala dukungan sosial dan skala penyesuaian diri. Validitas skala menggunakan teknik analisis product moment serta perhitungan reliabilitas menggunakan teknik analisis alpha cronbach s pada skala dukungan sosial dengan nilai 0 915 dan skala penyesuaian diri dengan nilai 0 882. Hipotesis penelitian adalah ada hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis product moment dengan hasil nilai rxy 0 763 p 0 000 8804 0 05 diputuskan H0 ditolak. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba memiliki dukungan sosial yang tergolong dalam kriteria sangat tinggi dan penyesuaian diri yang tergolong dalam kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri pada warga binaan pemasyarakatan remaja penyalahgunaan narkoba. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu (1) lebih terbuka kepada orang sekitar (2) keluarga tetap memberi perhatian atau nasehat (3) mengadakan kegiatan di dalam lapas (4) mendukung penyesuaian diri pada suatu populasi yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101335

Actions (login required)

View Item View Item