Hubungan pola asuh orangtua otoritatif dan kontrol diri pada siswa perokok tingkat sekolah menengah pertama di Lawang / Atikah Az-zahro

Az-zahro, Atikah (2020) Hubungan pola asuh orangtua otoritatif dan kontrol diri pada siswa perokok tingkat sekolah menengah pertama di Lawang / Atikah Az-zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Az-zahro, A. 2018. Hubungan Pola Asuh Orangtua Otoritatif dan Kontrol Diri pada Siswa Perokok Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Lawang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., S.E., M.Si, (II) Dr. Nur Eva, S.Psi., M.Psi. Kata kunci: pola asuh, pola asuh otoritatif, kontrol diri, dan remaja. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua otoritatif dengan kontrol diri pada siswa perokok tingkat Sekolah Menengah Pertama di Lawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional dengan populasi siswa perokok tingkat Sekolah Menengah Pertama di Lawang. Adapun pengambilan sempel berdasarkan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian ini berupa skala pola asuh orangtua otoritatif dan skala kontrol diri. Validitas pada skala pola asuh orangtua otoritatif ditentukan melalui profesional judgment. Sedangkan validitas pada skala kontrol diri diukur menggunakan product moment. Reliabilitas skala pola asuh orangtua otoritatif menggunakan koefisien reliabilitas Kuder-Richardson (KR-20) dengan hasil 0,857. Sedangkan untuk skala kontrol diri diukur dengan formula Cronbach Alpha dengan hasil 0,915. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai r=0,564 dan nilai signifikasi p=0,000 sehingga 0<0,005 dengan kata lain ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orangtua otoritatif dan kontrol diri pada siswa perokok tingkat Sekolah Menengah Pertama di Lawang. Saran yang diberikan adalah (1) bagi para siswa diharap lebih melatih diri untuk meningkatkan kontrol diri agar dapat mengembangkan sikap-sikap positif sesuai norma yang ada di masyarakat. (2) Bagi pihak sekolah hendaknya melakukan terobosan-terobosan inovatif yang bisa meningkatkan kontrol diri siswa. (3) Bagi peneliti selanjutnya jika ingin melakukan penelitian serupa perlu mengkaji lebih dalam mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kontrol diri misalnya pengaruh teman sebaya dan juga faktor internal pada individu seperti kondisi emosi dalam diri seorang individu, kemampuan kognitif, dan kepribadian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101332

Actions (login required)

View Item View Item