Pengembangan media audio visual untuk pembelajaran musikalsasi puisi / Maria Tina Septianii - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media audio visual untuk pembelajaran musikalsasi puisi / Maria Tina Septianii

Septiani, Maria Tina (2018) Pengembangan media audio visual untuk pembelajaran musikalsasi puisi / Maria Tina Septianii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Septiani Maria Tina. 2018. Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata Kunci media audio visual musikalisasi puisi Pada era globalisasi ini teknologi berkembang semakin cepat dan pesat. Perkembangan teknologi ini memunculkan berbagai gagasan baru mengenai penggunaannya di segala bidang salah satunya di bidang pendidikan. Pendidik kini dituntut untuk memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut demi tercapainya pembelajaran yang efektif. Penggunaan media diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal namun pada hasil analisis kebutuhan peserta didik mengenai kegiatan pembelajaran musikalisasi puisi ditemukan bahwa (1) pemanfaatan media pada pembelajaran musikalisasi puisi di kelas X masih kurang karena tidak semua pendidik bisa melakukan musikalisasi puisi (2) pembelajaran musikalisasi puisi kurang bervariatif dan menarik dan (3) minat siswa masih kurang untuk musikalisasi puisi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media audio visual untuk pembelajaran musikalisasi puisi bagi siswa kelas X SMA yang menarik dan praktis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dari model ASSURE. Modifikasi model ASSURE yang digunakan peneliti adalah (1) menganalisis peserta didik (2) merumuskan tujuan pembelajaran (3) memilih media (4) penilaian (validasi dan uji coba) dan (5) revisi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa tanggapan (komentar dan saran) yang diberikan subjek ahli dan data kuantitatif berupa presentase dan nilai rata-rata dari angket penilaian media yang diisi oleh subjek ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara yang digunakan untuk mendapatkan data berupa hasil analisis kebutuhan siswa dan angket/kuisioner yang digunakan untuk mendapatkan data berupa skor dan saran/komentar. Penelitian ini memiliki pembatasan yaitu pembatasan media pembelajaran karena tidak adanya instrumen penilaian di dalamnya untuk menilai hasil musikalisasi puisi siswa. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media audio visual untuk pembelajaran musikalisasi puisi sesuai dengan Kompetensi Dasar 4.16 dalam Kurikulum 2013 revisi 2016 yaitu mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal ekspresi dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo). Media yang dikembangkan memiliki tiga komponen di dalamnya yaitu (1) contoh (2) materi dan (3) tugas. Ketiga komponen ini menjadi satu paket lengkap yang bisa digunakan guru dalam pembelajaran musikalisasi puisi. Validasi produk dengan ahli materi menunjukkan rata-rata persentase 88 33% yang berarti media sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi produk dengan ahli media menunjukkan rata-rata persentase 81 67% yang berarti media cukup valid dan dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Validasi produk dengan praktisi menunjukkan rata-rata persentase 90% yang vi berarti media sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Uji coba lapangan dengan siswa menunjukkan rata-rata persentase 92 25% yang berarti produk sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Rata-rata persentase keseluruhan yaitu 88 06% yang berarti media sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selain skor didapatkan juga data berupa saran dan komentar dari subjek uji untuk selanjutnya digunakan dalam proses revisi produk. Saran dan komentar tersebut di antaranya (1) materi langkah musikalisasi puisi ditambahkan (2) petunjuk penggunaan media disederhanakan (3) contoh musikalisasi ditambah (4) fungsi transisi dikurangi dan (5) komposisi warna diperhatikan. Berdasarkan data yang diperoleh dari validasi dan uji coba peneliti menyarankan agar guru bahasa Indonesia menggunakan media audio visual ini dengan baik. Saran untuk siswa adalah terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan media audio visual karena ada beberapa kegiatan penting yang membutuhkan respon dari siswa yaitu kegiatan apersepsi dan penugasan. Untuk peneliti lain disarankan untuk menjadikan penelitian ini sebagai referensi pertimbangan untuk pengembangan media yang lebih baik dengan menguji keefektifan media. Penyebarluasan produk dapat dilakukan melalui forum MGMP sosialisasi di sekolah dan melalui blog di dunia maya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item