Hubungan efikasi diri guru dan prestasi belajar siswa pada sekolah menengah pertama negeri di Trawas / Krisna Agung Tryhartono

Tryhartono, Krisna Agung (2020) Hubungan efikasi diri guru dan prestasi belajar siswa pada sekolah menengah pertama negeri di Trawas / Krisna Agung Tryhartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tryhartono, Krisna Agung. 2019. Hubungan Efikasi Diri Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Trawas. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tutut Chusniyah, S.Psi., M.Si., (II) Aji Bagus Priyambodo, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: efikasi diri guru, prestasi belajar, Sekolah Menengah Pertama Negeri di Trawas Pendidikan yang diberikan oleh guru sebagai fasilitator mampu membantu siswa untuk berprestasi dan meningkatkan efektifitas belajar siswa. Dalam proses pembelajaran seorang guru harus memiliki keyakinan akan kemampuan diri (self-efficacy) agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat efikasi diri guru pada SMP Negeri di Trawas, (2) untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa pada SMP Negeri di Trawas, (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara efikasi diri guru dengan prestasi belajar siswa pada SMP Negeri di Trawas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Variabel penelitian ini menggunakan efikasi diri guru dan pretasi belajar siswa, melibatkan 72 guru yang berprofesi sebagai pendidik pada SMP Negeri di Trawas dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Kemudian pengambilan sampel secara rambang sederhana untuk memperoleh hasil prestasi belajar siswa sebanyak 72 nilai dengan rata-rata sebesar 82,30. Pengambilan data menggunakan skala Teacher Self-Efficacy (TSE) berjumlah 28 aitem dan dinyatakan keseluruhan aitem valid. Validitas menggunakan analisis product moment dengan skor 0,250 – 0,687, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s dengan skor sebesar 0,861. Kemudian pengambilan data variabel prestasi belajar menggunakan metode dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki tingkat efikasi diri guru tinggi dan memiliki tingkat prestasi belajar yang juga tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi, dengan nilai rxy sebesar 0,596 yang menunjukkan bahwa efikasi diri guru berhubungan dengan prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka diputuskan bahwa H0 ditolak yang berarti ada hubungan positif antara efikasi diri guru dengan prestasi belajar siswa, dengan kata lain semakin tinggi efikasi diri guru maka akan semakin tinggi juga prestasi belajar begitu juga sebaliknya apabila efikasi diri guru rendah maka prestasi belajar siswa juga akan rendah. Penelitian ini menyarankan pihak sekolah dapat meningkatkan efikasi diri guru sehingga dapat menjalankan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat, mampu mengondisikan kelas, memiliki metode belajar yang menarik dalam kegiatan belajar mengajar dan menjalankan standar kurikulum yang telah ditetapkan. Kemudian kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, kualitatif atau dapat mengkaitkan dengan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101328

Actions (login required)

View Item View Item