Hubungan antara kompetensi orientasi layanan pelanggan (competence of customer service orientation) dan komitmen organisasional perawat rumah sakit Tk. II Dr. Soepraoen Malang / Valienta Chinka Evandha

Evandha, Valienta Chinka (2019) Hubungan antara kompetensi orientasi layanan pelanggan (competence of customer service orientation) dan komitmen organisasional perawat rumah sakit Tk. II Dr. Soepraoen Malang / Valienta Chinka Evandha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Evandha, Valienta Chinka. 2019. Hubungan Antara Kompetensi Orientasi Layanan Pelanggan (Competence of Customer Service Orientation) dan Komitmen Organisasional Perawat Rumah Sakit Tk. II Dr. Soepraoen Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi., (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: kompetensi, kompetensi CSO, orientasi layanan pelanggan, customer service orientation, komitmen, komitmen organisasional, perawat Berkembang dan bertambahnya layanan kesehatan menyebabkan persaingan dalam bidang pelayanan kesehatan semakin terbuka dan ketat. Ketatnya persaingan membuat rumah sakit dan layanan kesehatan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan memberikan kepuasan kepada pasien. Kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh perawat. Perawat yang memiliki komitmen yang tinggi akan mengerahkan seluruh kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki bagi organisasi atau perusahaannya untuk mencapai tujuan organisasi yaitu kepuasan pelanggan. Salah satu faktor yang mempengaruhi komitmen organisasional seseorang adalah kompetensi individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi orientasi layanan pelanggan (competence of customer service orientation) dan komitmen organisasional perawat Rumah Sakit Tk. II Dr. Soepraoen Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat yang berjumlah 239 orang. Subjek pada penelitian ini berjumlah 60 orang yang diperoleh dengan teknik disproportionate stratified random sampling, teknik tersebut termasuk dalam jenis probability sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kompetensi orientasi layanan pelanggan didasarkan pada aspek yang dikemukakan oleh Spencer & Spencer (1993) dengan tingkat reliabilitas 0,868. Sedangkan pengukuran komitmen organisasional menggunakan instrumen yang dikemukakan oleh Mowday dkk, (1979) dengan tingkat reliabilitas 0,943. Hasil dari penelitian ini didapatkan rxy sebesar 0,448 dan p-value sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kompetensi orientasi layanan pelanggan dengan komitmen organisasional pada perawat Rumah Sakit Tk. II Dr. Soepraoen Malang. Sebanyak 63,3% perawat masih memiliki kompetensi CSO yang tinggi dan sebanyak 50% perawat memiliki komitmen organisasional yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi orientasi layanan pelanggan dengan komitmen organisasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101327

Actions (login required)

View Item View Item