Pengaruh kepribadian big five terhadap impulsive buying behavior pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya / Putri Puji Astutik

Astutik, Putri Puji (2019) Pengaruh kepribadian big five terhadap impulsive buying behavior pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya / Putri Puji Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astutik, Putri Puji. 2019. Pengaruh Kepribadian Big Five Terhadap Impulsive Buying Behavior pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si. (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Si. Kata Kunci: Kepribadian Big Five, Impulsive Buying Behavior Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) kepribadian mahsiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, (2) impulsive buying behavior mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, dan (3) pengaruh kepribadian big five terhadap impulsive buying behavior pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sampel dalam penelitian ini 115 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis data berupa uji regresi linier berganda. Instrumen penelitian menggunakan skala MINI-IPIP dan skala impulsive buying behavior yang telah diadaptasi dan dialihbahasakan serta diujicobakan; uji deskriptif yang merubah skor individual menjadi skor standar menggunakan skor T; uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas; dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 21. Variabel dalam penelitian ini adalah kepribadian big five sebagai variabel independen dan variabel impulsive buying behavior sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya memiliki kepribadian big five yang lebih dominan pada openness to experience dan memiliki impulsive buying behavior rendah. Hipotesis penelitian ini diterima bahwa kepribadian big five berpengaruh terhadap impulsive buying behavior pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Kepribadian extraversion, agreeableness, dan neuroticism berpengaruh positif tidak signifikan dengan impulsive buying behavior; kepribadian conscientiousness berpengaruh negatif terhadap impulsive buying behavior secara signifikan; dan kepribadian openness to experience memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap impulsive buying behavior pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya kepribadian conscientiousness merupakan kepribadian yang memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan extraversion, agreeableness, neuroticism, dan openness to experience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101321

Actions (login required)

View Item View Item