Ramadhani, Alif Clasitia (2010) Perbedaan penyesuaian sosial remaja ditinjau dari kelahiran di MAN 3 Malang / Alif Clasitia Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ramadhani Alif Calistia. 2009. Perbedaan Penyesuaian Sosial Remaja Ditinjau dari Urutan Kelahiran di MAN 3 Malang. Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Fattah Hidayat S.E. S.Psi. M.Si. Kata kunci urutan kelahiran penyesuaian sosial remaja Penelitian terhadap anak-anak remaja-remaja dan orang dewasa dari berbagai urutan kelahiran menunjukkan betapa posisi urutan dapat menjadi faktor yang kuat dalam menentukan jenis penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial yang harus dilakukan individu sepanjang rentang kehidupan (Hurlock 1990). Hal tersebut berhubungan dengan bagaimana orang tua memperlakukan seorang anak di dalam lingkungan keluarga. Pada umumnya perlakuan orang tua kepada anak berbeda berdasarkan urutan kelahirannya. Hal ini menimbulkan perbedaan karakteristik kepribadian anak dan bagaimana dia menjalani kehidupan sosialnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian sosial remaja pada anak sulung anak tengah dan anak bungsu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan komparatif sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis hipotesis yang digunakan adalah teknik one way anova. Jumlah subjek berjumlah 90 orang dengan anak sulung sebanyak 30 subjek anak tengah sebanyak 30 subjek dan anak bungsu sebanyak 30 subjek. Penelitian menggunakan skala penyesuaian sosial yang dikembangkan oleh peneliti yang disusun berdasarkan aspek penyesuaian sosial dari Schneiders (1955). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tentang penyesuaian sosial remaja bila ditinjau dari urutan kelahiran yaitu pada anak sulung anak tengah dan anak bungsu di MAN 3 Malang dilihat dari hasil perhitungan p sebesar 0 003 0 05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa untuk meningkatkan penyesuaian sosial dan kemampuan interaksi sosial dengan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat agar dapat membentuk penyesuaian sosial yang lebih baik. Untuk peneliti selanjutnya dengan tema yang sama agar membuat alat pengukur data penelitian dengan item-item pernyataan yang lebih cermat memperluas wilayah penelitian mempertimbangkan subyek yang akan diteliti apakah sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan juga memperbanyak jumlah sampel penelitian. Dan untuk pihak sekolah dapat meningkatkan layanan psikologi di sekolah agar dapat digunakan para siswa untuk mendiskusikan permasalahan sosial dengan guru di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |