Pengaruh pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Probolinggo / Satrio Hutomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Probolinggo / Satrio Hutomo

Hutomo, Satrio (2019) Pengaruh pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Probolinggo / Satrio Hutomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hutomo Satrio. 2019. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Probolinggo. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Eva M.Psi (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Motivasi Belajar PPKn Pelajaran PPKn merupakan Mata pelajaran yang kebanyakan berisi tentang materi dan teori dengan isi mata pelajaran yang seperti itu dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan motivasi belajar menurun yang berimbas pada tidak maunya siswa untuk mendengarkan isi materi yang disampaikan guru. Motivasi belajar adalah suatu dorongan baik dari dalam diri maupun luar individu untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan dalam kegiatan belajarnya diikuti dengan perubahan tingkah laku seperti tumbuhnya sikap tanggung jawab inisiatif dan optimis dalam belajarpada siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pembelajaran kontekstual dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap motivasi belajar di dalam kelas siswa kelas X SMA Negeri 2 Probolinggo 2) deskriptif data dari kelas eksperimen pretest post test dan kelas kontrol pretest post test. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-randomized pretest-posttest control group design. Instrumen perlakuan berupa modul pembelajaran kontekstual dan menggunakan skala Motivasi belajar. Subjek berasal dari keseluruhan siswa kelas X IPS 1 dan IPS 3 yang berjumlah 64 orang Skala motivasi belajar berjumlah 48 aitem yang telah tervalidasi dan nilai reliabilitas sebesar 0 858. Untuk pengolahan data dalam pengujian hipotesis penelitian peneliti menggunakan analisis t-test dan penghitungan effect size. Hasil uji deskriptif menunjukan tingkat motivasi belajar pada kelompok eksperimen dari rata-rata skor pre-test yang bernilai 133 31 mengalami kenaikan secara signifikan pada rata-rata skor post-test yang bernilai 143 75. Sedangkan hasil pengukuran tingkat motivasi belajar pada kelompok kontrol dari rata-rata skor pre-test yang bernilai 126 16 mengalami peningkatan yang tidak signifikan pada rata-rata skor post-test yang bernilai 127 41. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis komparatif uji effect size diperoleh nilai signifikansi sebesar 1 6 artinya pembelajaran kontekstual berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn sehingga metode pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang lebih positif secara signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Probolinggo. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk Pihak lembaga disarankan untuk memberikan pelatihan kepada guru terutama guru PPKn tentang pengajaran pembelajaran kontekstual 2) untuk Guru dapat mempelajari metode ini dan mendalaminya agar guru dapat memiliki metode pembelajaran yang variatif ketika mengajar 3) untuk Peneliti Selanjutnya Perlu dikembangkan penelitian yang mengkaji tentang pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar dan 4) Bagi Siswa disarankan untuk memiliki sikap atau kebiasaan yang baik dalam belajar seperti mencari pembelajaran dari berbagai sumber baik bertanya pada guru orang tua atau teman atau internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101311

Actions (login required)

View Item View Item