Hubungan kredibilitas typical person endorses dengan ekuitas merek produk R pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Faradeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kredibilitas typical person endorses dengan ekuitas merek produk R pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Faradeni

Faradeni (2019) Hubungan kredibilitas typical person endorses dengan ekuitas merek produk R pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Faradeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faradeni. 2019. Hubungan Kredibilitas Typical person endorser dengan ekuitas merek produk R pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Tutut Chusniyah S.Psi. M.Si (II) Drs. H. Mohammad Bisri M.Si Kata kunci Kredibilitas typical person endorser ekuitas merek produk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas typical person endorser produk R dengan ekuitas merek. Persaingan dalam bidang pemasaran semakin menunjukan eksistensinya. Perusahaan melakukan berbagai cara untuk membuat pruduknya dapat meraih pasar konsumen. Pada era ini persaingan tidak lagi pada produk melainkan persaingan merek dengan cara meningkatkan ekuitas merek yaitu menjadikan merek agar penilaiannya tetap positif dalam benak konsumen sehingga merek menjadi kuat dan dominan dalam pangsa pasar. Salah satu cara alternatif yang digunakan adalah melalui strategi endorsement yaitu memanfaatkan bintang iklan untuk menyampaikan pesan iklan. typical person endorser yaitu menggunakan orang biasa yang bukan dari kalangan selebritis untuk menjadi bintang iklan. Kredibilitas typical person endorser adalah karakter positif yang melekat pada seorang endorser sehingga dapat mempengaruhi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode korelasi deskriptif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2014-2018 berjumlah 697 mahasiswa yang memiliki karakteristik (a) pengguna produk R (b) pernah melihat bintang iklan produk R. Sampel penelitian berjumlah 100 orang merupakan sampel populasi. Pengambilan data menggunakan skala kredibilitas typical-person endorser berjumlah 15 aitem dengan validitas 0 368-0 922 dan reliabilitas 0 768. Skala ekuitas merek berjumlah 19 aitem valid dengan validitas 0 634-0 905 dan reliabilitas 0 768. Uji hipotesis menggunakan pearson product moment. Hasil analisis deskriptif mengkategorikan bahwa tingkat kredibilitas typical person endorser 11 mahasiswa tinggi 76 mahasiswa kategori cukup dan 13 mahasiswa kategori rendah sedangkan untuk ekuitas merek terdiri dari 15 mahasiswa dalam kategori tinggi 66 mahasiswa dalam kategori cukup dan 19 mahasiswa dalam kategori rendah. Hasil uji hipotesis diperoleh data rxy sebesar 0 461 dengan sign 0 000 0 05 artinya ada hubungan positif dan dalam kategori cukup antara kredibilitas typical person endorser dengan ekuitas merek produk R pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Saran yang diberikan untuk perusahaan bahwa penggunaan Typical Person Endorser yang kredibel dapat meningkatkan ekuitas merek sehingga perusahaan bisa memilih Typical Person Endorser sebagai pendukung merek sekaligus juru bicara dalam iklan yang patut dipertimbangkan. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mendalami penelitian ini lebih lanjut dengan melakukan penelitian lebih mendalam pada analisis per aspek kredibilitas typical person endorser sehingga dapat ditemukan aspek mana yang paling dominan. RINGKASAN Faradeni. 2019. Hubungan Kredibilitas Typical person endorser dengan ekuitas merek produk R pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Tutut Chusniyah S.Psi. M.Si (II) Drs. H. Mohammad Bisri M.Si Kata kunci Kredibilitas typical person endorser ekuitas merek produk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas typical person endorser produk R dengan ekuitas merek. Persaingan dalam bidang pemasaran semakin menunjukan eksistensinya. Perusahaan melakukan berbagai cara untuk membuat pruduknya dapat meraih pasar konsumen. Pada era ini persaingan tidak lagi pada produk melainkan persaingan merek dengan cara meningkatkan ekuitas merek yaitu menjadikan merek agar penilaiannya tetap positif dalam benak konsumen sehingga merek menjadi kuat dan dominan dalam pangsa pasar. Salah satu cara alternatif yang digunakan adalah melalui strategi endorsement yaitu memanfaatkan bintang iklan untuk menyampaikan pesan iklan. typical person endorser yaitu menggunakan orang biasa yang bukan dari kalangan selebritis untuk menjadi bintang iklan. Kredibilitas typical person endorser adalah karakter positif yang melekat pada seorang endorser sehingga dapat mempengaruhi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode korelasi deskriptif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2014-2018 berjumlah 697 mahasiswa yang memiliki karakteristik (a) pengguna produk R (b) pernah melihat bintang iklan produk R. Sampel penelitian berjumlah 100 orang merupakan sampel populasi. Pengambilan data menggunakan skala kredibilitas typical-person endorser berjumlah 15 aitem dengan validitas 0 368-0 922 dan reliabilitas 0 768. Skala ekuitas merek berjumlah 19 aitem valid dengan validitas 0 634-0 905 dan reliabilitas 0 768. Uji hipotesis menggunakan pearson product moment. Hasil analisis deskriptif mengkategorikan bahwa tingkat kredibilitas typical person endorser 11 mahasiswa tinggi 76 mahasiswa kategori cukup dan 13 mahasiswa kategori rendah sedangkan untuk ekuitas merek terdiri dari 15 mahasiswa dalam kategori tinggi 66 mahasiswa dalam kategori cukup dan 19 mahasiswa dalam kategori rendah. Hasil uji hipotesis diperoleh data rxy sebesar 0 461 dengan sign 0 000 0 05 artinya ada hubungan positif dan dalam kategori cukup antara kredibilitas typical person endorser dengan ekuitas merek produk R pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Saran yang diberikan untuk perusahaan bahwa penggunaan Typical Person Endorser yang kredibel dapat meningkatkan ekuitas merek sehingga perusahaan bisa memilih Typical Person Endorser sebagai pendukung merek sekaligus juru bicara dalam iklan yang patut dipertimbangkan. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mendalami penelitian ini lebih lanjut dengan melakukan penelitian lebih mendalam pada analisis per aspek kredibilitas typical person endorser sehingga dapat ditemukan aspek mana yang paling dominan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101310

Actions (login required)

View Item View Item