Pengaruh spiritual intelligence terhadap organizational citizenship behavior pada wirausahawan muda muslim di Kota Malang / Murni Rosyida Putri

Putri, Murni Rosyida (2019) Pengaruh spiritual intelligence terhadap organizational citizenship behavior pada wirausahawan muda muslim di Kota Malang / Murni Rosyida Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Murni Rosyida. 2019. Pengaruh Spiritual Intelligence terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada Wirausahawan Muda Muslim di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fattah Hidayat, S.Psi.,M.Si. (2) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi.,M.Psi Kata kunci : Spiritual Intelligence, Organizational Citizenship Behaviour, wirausahawan Perilaku ekstra organisasi atau organizational Citizenship behaviour adalah perilaku individu yang bebas, sukarela, dan tidak terikat dengan tugas formal dan tanggungjawab organisasi atau perusahaan, Hal ini berkaitan dengan spiritual intelligence yang dibutuhkan wirausahawan dalam menghadapi dan memecahkan masalah dalam berbagai situasi kerja yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas tim kerja, menghemat sumber daya yang dimiliki manajemen atau organisasi yang dapat mendukung tercapainya tujuan dari usaha. Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) Bagaimana Spiritual intelligence wirausahawan muda muslim di kota Malang, (2) Bagaimana organizational citizenship behaviour wirausahawan muda muslim di kota Malang serta (3) Mengetahui dan mendeskripsikanpengaruhspiritual intelligence dengan organizational citizenship behaviour pada wirausahawan muda muslim di kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan uji regresi linear sederhana. Sampel penelitian ini adalah wirausahawan muda muslim yang ada di kota Malang. Sampel dipilih dengan cara porpossive sampling dan diperoleh 31 wirausahawan yang menjadi sampel penelitian. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Tingkat Spiritual intelligence wirausahawan muda muslim di kota Malang mayoritas berada pada kategori tinggi (2) Tingkat organizational citizenship behaviour wirausahawan muda muslim di kota Malang berada pada kategori tinggi (3) Spiritual intelligence berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behaviour pada wirausahawan muda muslim di kota Malang. Sehingga semakin baik atau tinggi spiritual intelligence maka semakin tinggi pula organizational citizenship behaviour dengan signifikansi Multiple R kategori sedang pada 0,522 atau p value sebesar 0,03 (p <0,05) dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,272 yang berarti kontribusi atau besarnya pengaruh yang diberikan spiritual intelligence sebesar27,2% sedangkan sisanya 72,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dalam penelitian ini agar subjek dapat meningkatkan OCB ialah dengan cara meningkatkan aspek sense of community.Untuk penelitian selanjutnya, dalam penentuan sampel bisa dikontrol variannya sehingga dapat dianalisis faktor manakah yang signifikan mempengaruhi variabel penelitian tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101307

Actions (login required)

View Item View Item