Hubungan antara psychological well-being dengan penyesuaian diri istri tentara berpangkat tamtama dan bintara di batlyon 502 Jabung / Rizka Rahma Kinanti

Kinanti, Rizka Rahma (2020) Hubungan antara psychological well-being dengan penyesuaian diri istri tentara berpangkat tamtama dan bintara di batlyon 502 Jabung / Rizka Rahma Kinanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kinanti, Rizka Rahma. 2019. Hubungan antara Psychological Well-Being dengan Penyesuaian Diri Istri Tentara Berpangkat Tamtama dan Bintara di Batalyon Para Raider 502 Jabung. Pembimbing: (I) Dr. Nur Eva, S.Psi., M.Psi., (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi, M.Psi Kata kunci : psychological well-being, penyesuaian diri Setiap pasangan dalam pernikahan pasti menginginkan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tetapi hal ini berbanding terbalik jika dalam keluarga tentara berpangkat Tamtama dan Bintara TNI. Banyak istri tentara berpangkat Tamtama dan Bintara TNI yang mengawali pernikahannya dengan beban kerja prajurit yang berlebihan, disinilah peran pokok istri sebagai pendamping suami sangat penting. Psychological well-being pada istri tentara di anggap sebagai hal penting guna menghadapi problematika yang mempengaruhi penyesuaian diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana subjek penelitian adalah 50 istri tentara berpangkat Tamtama dan Bintara di Batalyon Para Raider 502 Jabung, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala adaptasi psychological well-being dan skala adaptasi penyesuaian diri. Penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment yang di hitung menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara psychological well-being dengan penyesuaian diri istri tentara berpangkat Tamtama dan Bintara di Batalyon Para Raider 502 Jabung dengan nilai r koefisien korelasi sebesar 0,606 dan nilai p < 0,005 dimana H1 diterima. Saran bagi istri tentara diharapkan dapat lebih meningkatkan psychological well-being yaitu dengan membangun relasi yang positif dengan orang lain dengan memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dan mengikuti program-program kegiatan yang dilakukan oleh istri tentara sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan serta melakukan berbagai upaya pengembangan pribadi dengan melihat segala potensi yang ada dalam diri. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian terkait dengan faktor-faktor lain sehingga memperkaya penelitian, serta meminimalisir kekurangan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101305

Actions (login required)

View Item View Item