Kepaduan dan keruntunan hubungan antar kalimat dalam paragraf deskripsi siswa kelas X.1 SMA Brawijaya Smart School Malang / Arahman Alfan Subarkah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepaduan dan keruntunan hubungan antar kalimat dalam paragraf deskripsi siswa kelas X.1 SMA Brawijaya Smart School Malang / Arahman Alfan Subarkah

Subarkah, Arahman Alfan (2013) Kepaduan dan keruntunan hubungan antar kalimat dalam paragraf deskripsi siswa kelas X.1 SMA Brawijaya Smart School Malang / Arahman Alfan Subarkah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan menulis paragraf deskripsi. Pembelajaran bahasa khususnya bahasa Indonesia di SMA memiliki tujuan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Untuk dapat menguasai kemampuan berkomunikasi mata pelajaran bahasa indonesia dibagi menjadi empat aspek keterampilan. Empat aspek kersebut adalah membaca menulis mendengar atau menyimak dan berbicara. Di antara empat aspek keterampilan bahasa Indonesia terdapat dua aspek keterampilan yang bersifat aktif. Dua aspek tersebut adalah membaca dan menulis. Karena dengan menguasai dua aspek tersebut siswa dapat mengembangkan keterampilan yang bermanfaat bagi masa depannya. Pembelajaran menulis memiliki bermacam-macam jenis. Salah satu jenis kegiatan menulis yang diajarkan di SMA kelas X adalah menulis paragraf deskripsi. Deskripsi adalah suatu bentuk wacana yang menggambarkan ata mendeskripsokan sesuatu. Kemampuan menulis paragraf deskripsi perlu dikuasai agar siswa terlatih untuk mengembangkan pola pikir mereka dalam mengamati memahami serta menggambarkan suatu objek dengan terperinci. Tujuan penelitian yaitu (1) Keruntutan hubungan antarkalimat dalam paragraf deskripsi (2) Kepaduan hubungan antarkalimat dalam paragraf deskripsi. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif karena peneliti mendeskripsikan atau menggambarkan dengan kata-kata secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pargraf deskripsi siswa belum menunjukkan keruntutan antar kalimat. Hal ini di tandai dengan belum sesuai pola urutan tempat. Dalam kepaduan hubungan antar kalimat paragraf deskripsi ditemukan banyaknya kesalahan dalam penggunaan kata ganti dan kata penghubung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item