Hubungan antara need for achievement dan perilaku agresi pada siswa SMAN 2 Lumajang / Ifa Iftitah Kirana

Kirana, Ifa Iftitah (2019) Hubungan antara need for achievement dan perilaku agresi pada siswa SMAN 2 Lumajang / Ifa Iftitah Kirana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kirana, Ifa Iftitah. 2019. Hubungan antara Need for achievement dan Perilaku Agresi pada Siswa SMAN 2 Lumajang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw, M.A., (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi Kata kunci: need for achievement, perilaku agresi, siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara need for achievement dan perilaku agresi pada siswa SMAN 2 Lumajang. Pada usia 14-18 tahun, individu memasuki tahapan perkembangan menemukan jati diri. Siswa dihadapkan dengan berbagai tantangan untuk menemukan jati diri mereka. Pada zaman sekarang persoalan siswa semakin kompleks, terutama persoalan sosial. Hal ini dapat berpengaruh terhadap proses perkembangan siswa. Tidak jarang siswa didapati melakukan tindak kekerasan hingga kriminal. Hal ini menunjukkan siswa berperilaku agresi. Pada kontek sekolah siswa juga dapat berperilaku agresi yang disebabkan oleh adanya kebutuhan yang muncul dari dalam diri individu secara alamiah yakni need for achiement. Need yang tidak terpenuhi maka akan memunculkan perasaan gelisah, tidak tenang, hingga akhirnya bisa memicu timbulnya perilaku agresi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, melibatkan 247 responden yang dipilih menggunakan teknik Random Sampling dengan ketentuan N = 247 sesuai dengan tabel Isaac dan Michael. Sampel penelitian merupakan siswa aktif dari seluruh kelas 10,11, dan 12 baik laki-laki maupun perempuan, IPA maupun IPS. Cara penghitungan yang digunakan ialah model perhitungan skala Likert. Pengumpulan data menggunakan instrumen need for achievement, dengan reliabilitas 0,913, dan instrumen perilaku agresi dengan reliabilitas sebesar 0,888. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa SMAN 2 Lumajang memiliki tingkat need for achievement tinggi sebanyak 180 siswa dan 66 siswa dengan need for achievement sedang, dan 1siswa yang rendah. Selanjutnya pada perilaku agresi, 202 siswa SMAN 2 Lumjang memiliki perilaku agresi yang tinggi, dan 45 siswa dengan perilaku agresi sedang, serta tidak ada siswa yang memiliki perilaku agresi rendah. Hasil korelasi need for achievement dan perilaku agresi menunjukkan nilai data rxy sebesar 0,550 dengan p-value = 0,000 < 0,05 artinya ada hubungan positif yang sangat signifikas antara need for achievement dan perilaku agresi pada siswa SMAN 2 Lumajang Saran yang diberikan untuk siswa adalah meningkatkan need for achievement namun diimbangi dengan faktor-faktor lain agar mampu meregulasi emosi sehingga tidak memicu timbulnya perilaku agresi. Pihak sekolah juga harus membantu dengan menciptakan lingkungan yang kondusif agar murid tidak terpengaruh sehingga berdampak pada munculnya perilaku agresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101299

Actions (login required)

View Item View Item