Hubungan antara kecanduan permainan online mobile legend dan perilaku agresi pada remaja perempuan di Kota Malang / Nor Husnina

Husnina, Nor (2019) Hubungan antara kecanduan permainan online mobile legend dan perilaku agresi pada remaja perempuan di Kota Malang / Nor Husnina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Husnina, Nor., 2019. Hubungan antara Kecanduan Permainan Online Mobile Legend dan Perilaku Agresi pada Remaja Perempuan di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed., (II) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi Kata Kunci: kecanduan permainan online, perilaku agresi, remaja perempuan Permainan online adalah permainan di mana banyak orang yang dapat bermain pada waktu yang sama dengan melalui jaringan komunikasi online (internet). Salah satu bentuk yang dapat dipelajari melalui modelling pada media komunikasi online ini adalah perilaku agresi. Perilaku agresi adalah tanggapan yang mampu memberikan stimulus merugikan atau merusak terhadap organisme lain. Setiap orang bisa memiliki perilaku agresi tak terkecuali remaja perempuan. Pengertian remaja perempuan dengan remaja laki-laki adalah sama, yang membedakan hanyalah karakteristik tingkat kedewasaannya saja. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengungkap hubungan kecanduan bermain permainan online Mobile Legend dan perilaku agresi pada remaja perempuan di kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyusunan skala instrument dengan metode skala Likert. Partisipan pada penelitian ini adalah sebanyak tiga puluh remaja perempuan di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pembagian kuisioner dua skala yaitu skala perilaku agresi dan skala kecanduan permainan online. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi. Validitas skala menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa remaja perempuan di kota Malang memiliki perilaku agresi yang tergolong dalam kriteria rendah dan kecanduan permainan online yang tergolong dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian tidak terbukti atau ditolak. Artinya pada penelitian ini tidak terdapat hubungan antara perilaku agresi dan kecanduan permainan online Mobile Legend pada remaja perempuan di kota Malang. Sehingga untuk peneliti selanjutnya disarankan dapat memperbanyak jumlah responden dan mengembangkan penelitian dengan melihat variabel lain yang dapat mempengaruhi kecanduan permainan online pada suatu populasi yang akan diteliti sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101297

Actions (login required)

View Item View Item