Pengaruh self efficacy terhadap self regulated learning pada santri PPM Baitul Jannah di Malang / Adhelia Rochmatika

Rochmatika, Adhelia (2019) Pengaruh self efficacy terhadap self regulated learning pada santri PPM Baitul Jannah di Malang / Adhelia Rochmatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rochmatika, Adhelia. 2019. Pengaruh Self Efficacy terhadap Self Regulated Learning pada Santri Pondok Pesantren Mahasiswa Baitul Jannah di Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Eva, S.Psi, M.Psi (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi Kata kunci : self efficacy, self-regulated learning Self-regulated learning adalah suatu strategi belajar yang dilakukan individu untu mengatur proses belajar. Jika self-regulated learning individu rendah, maka akan berdampak proses dan hasil belajar individu. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan subjek penelitian ditemukan bahwa santri PPM BJ memiliki self-regulated learning yang rendah. Self-regulated learning dipengaruhi oleh faktor individu, perilaku, dan lingkungan. Salah satu faktor individu yang mempengaruhi self-regulated learning adalah self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran self efficacy santri PPM BJ (2) gambaran self-regulated learning sanri PPM BJ (3) gambaran pengaruh self efficacy terhadap self-regulated learning pada santri PPM BJ di Malang. Penelitian ini dilakukan di PPM BJ di Malang dengan jenis penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan analisis statistik regresi sederhana. Populasi penelitian ini berjumlah 128 santri, dan pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Kemudian didapatkan 83 santri sebagai subjek penelitian, dan sebanyak 45 santri sebagai subjek uji coba. Terdapat dua instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (a) skala self efficacy dengan 24 aitem valid memiliki reliabilitas sebesar 0,979 (b) skala self-regulated dengan 42 aitem valid learning memiliki reliabilitas sebesar 0,894. Uji validitas skala self efficacy dan skala self-regulated learning menggunakan korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha crobanch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebagian besar santri PPM BJ di Malang memiliki self efficacy tinggi, (2) sebagian besar santri PPM BJ di Malang memiliki self-regulated learning tinggi (3) ada pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap self-reulated learning pada santri PPM BJ di Malang (F = 35,654 , R2=0,306, p<0,05). Saran yang diberikan adalah (1) bagi santri diharapkan membuat jadwal belajar, menetapkan tujuan belajar, dan mengevaluasi hasil belajar (2) bagi PPM BJ diharapkan meningkatkan fasilitas pendukung belajar (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih dalam penelitian yang serupa dengan sampel yang lebih besar untuk menghasilkan penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101293

Actions (login required)

View Item View Item