Efektivitas pelatihan efikasi diri terhadap penerimaan kecacatan penyandang tunadaksa post-natal di Panti Asuhan Bakti Luhur Kota Malang / Rizki Angga Kusuma Hadi

Hadi, Rizki Angga Kusuma (2019) Efektivitas pelatihan efikasi diri terhadap penerimaan kecacatan penyandang tunadaksa post-natal di Panti Asuhan Bakti Luhur Kota Malang / Rizki Angga Kusuma Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hadi, Rizki Angga Kusuma. 2019. Efektivitas Pelatihan Self-Eficacy terhadap Penerimaan Kecacatan Penyandang Tunadaksa Post-Natal di Panti Asuhan Bakti Luhur. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (2) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: self-eficacy, penerimaan tunadaksa, panti asuhan bakti luhur, efikasi diri. Tunadaksa yang memiliki penerimaan diri cenderung rendah, cenderung merasa tidak puas dengan diri sendiri yang disebabkan oleh munculnya pikiran-pikiran negatif terhadap kondisi fisik yang dimiliki. Faktor-faktor yang berkaitan dengan penerimaan salah satunya yaitu efikasi diri. Efikasi rendah yang mempegaruhi kemampuan kemampuan dalam sosialisasi dan interaksi sekitar atau pergaulan sehari-hari. Namun menurut penelitian sebelumnya menyatakan bahwa tunadaksa yang diakibatkan oleh post-natal atau akibat lain mengalami lebih banyak depresi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan diri penyandang tunadaksa pada post-natal dan menguji perngaruh peningkatan self-efficacy terhadap penerimaan diri tunadaksa di Panti Asuhan Bakti Luhur Kota Malang. Penelitian ini menggunakan bentuk one-group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif .Responden yang terlibat dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa binaan di Panti asuhan bakti luhur yang mengalami ketundaksaan post-natal. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan penerimaan diri tunadaksa setelah diberi pelatihan atau intervensi sebesar 433 yang diperoleh dari nilai pretest sebesar 4330 dan nilai posttset sebesar 4763 Nilai rata-rata pretest adalah 144,4 dan nilai rata-rata posttest adalah 158,8. Terdapat peningkatan nilai pretest ke posttest sebesar 14,4. Sedangkan hasil dari penghitungan dengan menggunakan Mann-Whitney U diperoleh hasil hitungan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan Syarat H0 diterima atau ditolak berdasarkan nilai Sig. sebagai berikut apabila Sig. > 0,05 maka H0 diterima, dan apabila Sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil perhitungan dapat dilihat bahwa nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan. Hal ini menunjukan adanya Efektivitas antara pelatihan efikasi diri terhadap penerimaan diri tunadaksa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Efektivitas antara pelatihan peningkatan efikasi diri terhadap penerimaan diri tunadaksa pada siswa binaan panti asuhan bakti luhur di Kota Malang. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pengajar atau suster di Panti Asuhan bakti luhur untuk tetap menjalakan pelatihan self-efficacy. Selain itu, untuk peneliti selanjutnya memperdalam masalah-masalah yang dihadapi dan waktu intervensi yang lebih agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101291

Actions (login required)

View Item View Item