Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media buku harian siswa kelas IX SMPN 1 Jabung - Malang tahun ajaran 2008/2009 / Wahyuni Harwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media buku harian siswa kelas IX SMPN 1 Jabung - Malang tahun ajaran 2008/2009 / Wahyuni Harwati

Harwati, Wahyuni (2010) Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media buku harian siswa kelas IX SMPN 1 Jabung - Malang tahun ajaran 2008/2009 / Wahyuni Harwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harwati Wahyuni. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Media Buku Harian pada Siswa SMPN I Jabung- Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H.Wahyudi Siswanto M.Pd Kata Kunci media buku harian kemampuan menulis cerpen. Menulis cerpen adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai siswa SMP kelas IX. Siswa harus mampu menciptakan karya sastra melalui kegiatan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Bagi guru pembelajaran menulis cerpen selama ini dianggap kurang berhasil karena sulitnya menemukan media yang tepat dalam menulis cerpen. Latar belakang inilah yang mendasari penelitian dengan judul Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Media Buku Harian pada Siswa Kelas IX SMPN I Jabung- Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui efektivitas buku harian dalam peningkatan menulis cerpen pada tahap prapenulisan (2) mengetahui efektivitas buku harian dalam peningkatan menulis cerpen pada tahap penulisan dan (3) mengetahui efektivitas buku harian dalam peningkatan menulis cerpen pada tahap pascapenulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP I Jabung Kabupaten Malang pada tanggal 28 November-25 Oktober. Penggunaan media buku harian dalam pembelajaran menulis cerpen ini memperoleh hasil sebagai berikut (1) tindakan I tingkat keberhasilan mencapai 46.62% sedangkan pada tindakan II mencapai 65.62% dan (2) penggunaan buku harian dinyatakan efektif karena telah mencapai lebih dari persentase keberhasilan sebesar 60%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu (1) supaya guru dapat melaksanakan pembelajaran menulis kreatif khususnya pembelajaran menulis cerpen dengan media yang tepat sebagai media pembelajarannya sehingga mendapatkan hasil yang optimal dan (2) berdasarkan hasil penelitian guru disarankan dapat menggunakan media buku harian dalam pembelajaran menulis kreatif selain menulis cerpen media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item View Item