Hubungan antara konsep diri dengan loyalitas konsumen Iphone pada mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya / Fashya Viki Putri

Putri, Fashya Viki (2019) Hubungan antara konsep diri dengan loyalitas konsumen Iphone pada mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya / Fashya Viki Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Fashya Viki. 2018. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Loyalitas Konsumen Iphone Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi Kata Kunci: konsep diri, loyalitas konsumen, Iphone Salah satu dari berbagai jenis dan merek yang banyak disukai pada era globalisasi ini adalah merek Apple. Apple menciptakan beberapa produk yang terdiri dari iPhone, Mac, Ipad dan Iwatch. Sesuai kebutuhan masa kini Apple berhasil menciptakan produk yang mampu menarik perhatian remaja bahkan usia dewasa. iPhone adalah jajaran smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran konsep diri, gambaran loyalitas konsumen, serta apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan loyalitas konsumen iPhone pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional dengan sampel penelitian Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya yang berjumlah 100 menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan Skala Konsep Diri dan Skala Loyalitas Konsumen. Uji validitas skala konsep diri diperoleh pernyataan 19 aitem valid tingkat reliabilitas 0, 856 pada Alpha Cronbach. Validitas loyalitas konsumen menggunakan korelasi Pearson Product Moment diperoleh 39 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0,959 pada Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment (1) sebagian besar memiliki konsep diri tinggi; (2) sebagian besar memiliki loyalitas konsumen tinggi; (3) ada hubungan positif antara konsep diri dan loyalitas konsumen dengan rxy= 0,200 p=0,046 (p<0,05). Berdasarkan fakta-fakta empirik diatas maka diputuskan Ho ditolak, maka ada hubungan antara konsep diri dengan loyalitas konsumen iPhone pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi mahasiswa menambah kesadaran tentang tingkah lakunya supaya dapat mengevaluasi diri untuk menjadi individu yang lebih baik (2) Bagi perusahaan Apple untuk terus menjaga mutu dan kualitas iPhone. Konsep diri yang tinggi akan membuat konsumen ingin membentuk diri sebaik mungkin sehingga apabila mutu dari iPhone dapat terjaga dan lebih baik akan menambah loyalitas konsumen terhadap iPhone (3)Bagi peneliti yang ingin melanjutkan atau melakukan penelitian kembali mengenai konsep diri terhadap loyalitas konsumen disarankan untuk lebih memperluas populasi penelitian dan juga menambahkan variabel brand love, brand image dan brand trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101279

Actions (login required)

View Item View Item