Hubungan kematangan emosi dengan pengambilan keputusan pada ketua UKM Universitas Negeri Malang / Andrasari Nimas Pertiwi

Pertiwi, Andrasari Nimas (2019) Hubungan kematangan emosi dengan pengambilan keputusan pada ketua UKM Universitas Negeri Malang / Andrasari Nimas Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pertiwi, A.N. 2018. Hubungan Kematangan Emosi dengan Pengambilan Keputusan pada Ketua UKM Universitas Negeri Malang . Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si, (II) Indah Yasminum, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: kematangan emosi, pengambilan keputusan Kematangan emosi merupakan salah satu faktor dalam pengambilan keputusan di berbagai lingkungan sosial. Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kematangan emosi pada Ketua UKM Universitas Negeri Malang, deskripsi pengambilan keputusan pada Ketua UKM Universitas Negeri Malang, dan apakah terdapat hubungan antara kematangan emosi dan pengambilan keputusan pada Ketua UKM Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat atas populasi yang diteliti mengenai ada-tidaknya suatu hubungan dan derajat hubungan pada kedua variabel. Peneliti menggunakan metode sampel jenuh dengan jumlah subjek 31 orang. Pengukuran kematangan emosi menggunakan skala berdasar teori aspek-aspek kematangan emosi menurut Hurlock (1980). Pengukuran pengambilan keputusan menggunakan skala berdasar teori aspek –aspek pengambilan keputusan yang dikemukakan oleh Mincemoyer dan Perkins (2003). Analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kematangan emosi dengan pengambilan keputusan pada Ketua UKM Universitas Negeri Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 55% dari sampel penelitian ini memiliki tingkat kematangan emosi yang tinggi serta sebanyak 48% dari sampel penelitian ini memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang tinggi. Hasil dari penghitungan korelasi Product Moment menunjukkan bahwa korelasi antara kematangan emosi dan pengambilan keputusan p sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi daerah penolakan sebesar 5% (0,05) selain itu nilai rxy sebesar 0,665 lebih besar dari nilai r tabel 0,344 sehingga H0 ditolak. Berdasar hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kematangan emosi dengan pengambilan keputusan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar Ketua UKM Univeristas Negeri Malang memiliki tingkat tingkat kematangan emosi yang tinggi serta sebagian kecil Ketua UKM Universitas Negeri Malang memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang rendah. Penelitian ini juga memberikan informasi bahwa ada hubungan antara kematangan emosi dengan pengambilan keputusan pada Ketua UKM Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101277

Actions (login required)

View Item View Item