Hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional dengan prokrastinasi kerja karyawan PDAM Kota Malang / Nindita Amadea

Amadea, Nindita (2019) Hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional dengan prokrastinasi kerja karyawan PDAM Kota Malang / Nindita Amadea. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Amadea, Nindita. 2018. Hubungan antara gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional dengan Prokrastinasi Kerja Karyawan di PDAM Kota Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi., (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan Transaksional, Prokrastinasi Kerja Pada era modern penciptaan surplus atau maksimalisasi profit menjadi fokus utama kinerja organisasi. Namun banyak hal yang dilewatkan perusahaan apabila sekedar mencari untung, salah satunya ialah mengenai relasi atasan dan bawahan yang mampu memengaruhi prokrastinasi. Prokrastinasi dan gaya kepemimpinan telah dipelajari sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang. Kepemimpinan yang baik akan mampu mencegah dan menekan tingkat prokrastinasi dalam suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan dengan prokrastinasi, serta karakteristik pemimpin seperti apa yang mampu menekan tingkat prokrastinasi di suatu organisasi secara lebih optimal. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan racangan deskriptif korelasional. Jumlah sampel penelitian adalah 30 orang karyawan dari 6 divisi berbeda. Penelitian ini menggunakan skala Multifactor Leadership Questionnarie (MLQ) dengan reliabilitas 0,775 dan skala Pure Procrastination Scale (PPS) dengan reliabilitas 0,692. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) mayoritas karyawan melihat pemimpin divisi mereka bersifat transaksional, (2) mayoritas karyawan memiliki tingkat prokrastinasi yang rendah, (3) Gaya kepemimpinan transaksional memiliki korelasi negatif dengan prokrastinasi kerja karyawan yang memiliki taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R sebesar -,953. Sedangkan gaya kepemimpinan transformasional memiliki korelasi positif dengan prokrastinasi kerja karyawan yang memiliki taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R sebesar 0,953. Hal ini berarti gaya kepemimpinan transaksional akan lebih mampu mencegah terjadinya prokrastinasi kerja karyawan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) bagi karyawan PDAM Kota Malang dapat mempertahankan tingkat prokrastinasi kerja supaya tetap rendah dan bagi pemimpin di tiap divisi di PDAM Kota Malang agar senantiasa bersikap tegas namun tetap mengayomi para karyawannya, (2) bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi serta dapat mengembangkan penelitian mengenai gaya kepemimpinan dan prokrastinasi kerja karyawan pada karakteristik subjek yang sama atau lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101276

Actions (login required)

View Item View Item