Sufiana, Aulia (2019) Hubungan persepsi terhadap pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan akademik dengan ketakutan akan kegagalan pada siswa kelas akademik rendah di SMPN 15 Malang / Aulia Sufiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Sufiana Aulia. 2018. Hubungan Persepsi terhadap Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik dengan Ketakutan akan Kegagalan pada Siswa Kelas Akademik Rendah di SMPN 15 Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sudjiono M.Si (II) Aji Bagus Priyambodo S. Psi. M.Psi Kata Kunci Persepsi Terhadap Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik Ketakutan akan Kegagalan Ketakutan akan kegagalan adalah sesuatu yang dapat menghambat individu dalam pencapaian akademik individu yang mengalami ketakutan akan kegagalan akan merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki sehingga mempengaruhi performasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana persepsi siswa kelas akademik rendah terhadap pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan akademik (2) tingkat ketakutan akan kegagalan pada siswa kelas akademik rendah (3) adakah korelasi antara persepsi terhadap pengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuan akademik dengan ketakutan akan kegagalan pada siswa kelas akademik rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 80 siswa dan pengambilan data subjek dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total dengan menggunakan seluruh siswa kelas akademik rendah sebagai subjek penelitian. Terdapat dua instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) skala persepsi terhadap pengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuan akademik yang terdiri dari 40 aitem valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0.916 dan (b) skala ketakutan akan kegagalan yang terdiri dari 36 aitem valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0.911. Ada dua teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat persepsi terhadap pengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuan akademik berada dalam kategori tinggi (positif) pada siswa kelas akademik rendah (2) tingkat ketakutan akan kegagalan berada dalam kategori rendah pada siswa kelas akademik rendah (3) ada hubungan negatif antara persepsi terhadap pengelompokan siswa dengan ketakutan akan kegagalan pada siswa kelas akademik rendah. Pada hasil analisis uji korelasi product moment menunjukkan nilai rxy -0 589 dengan p 0 000 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada hubungan negatif antara persepsi terhadap pengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuan akademik dengan ketakutan akan kegagalan pada siswa kelas akademik rendah. Saran yang diberikan adalah (a) bagi siswa diharapakan dapat meningkatkan kemampuan atau prestasi dalam bidang non-akademik sesuai dengan potensi yang dimiliki untuk menambah kepercayaan diri (b) bagi orang tua diharapkan menyadari bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing (c) bagi guru diharapkan lebih memperhatikan kelebihan atau potensi yang dimiliki siswa dan membantu siswa untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya (d) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih dalam penelitian yang serupa serta dengan sampel yang lebih besar untuk menghasilkan penelitian yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |