Hubungan persepsi terhadap dukungan organisasi dan komitmen afektif pada karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya / Annisha Erika Erdiansyah

Erdiansyah, Annisha Erika (2019) Hubungan persepsi terhadap dukungan organisasi dan komitmen afektif pada karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya / Annisha Erika Erdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Erdiansyah, Annisha Erika. 2018. Hubungan Persepsi Terhadap Dukungan Organisasi Dengan Komitmen Afektif Pada Karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi, M.Psi, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M,Psi. Kata Kunci : persepsi terhadap dukungan organisasi, komitmen afektif Persepsi terhadap dukungan organisasi menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan adanya komitmen afektif di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi persepsi terhadap dukungan organisasi pada karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya, deskripsi komitmen afektif pada karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya, dan apakah ada hubungan antara persepsi terhadap dukungan organisasi dan komitmen afektif pada karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang. Pada tryout menggunakan sampel 30 orang dan sampel 80 orang dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah kolerasi Product Moment. Syarat untuk menggunakan Product Moment yaitu jenis data yang digunakan merupakan data interval, melibatkan satu kelompok dalam penelitian, dan data berdistribusi normal. Reabilitas pada persepsi terhadap dukungan organisasi sebesar 0,952 dan reabilitas pada komitmen afektif sebesar 0,931. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 55% dari sampel penelitian ini memiliki persepsi terhadap dukungan organisasi yang rendah serta sebanyak 54% dari sampel penelitian ini memiliki komitmen afektif yan rendah. Hasil dari perhitungan korelasi Product Moment menunjukkan bahwa korelasi antara persepsi terhadap dukungan organisasi dan komitmen afektif memiliki rxy sebesar 0,554 lebih besar dari rtabel (0,220) dengan daerah penolakan sebesar p<0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara persepsi terhadap dukungan organisasi (X) dan komitmen afektif (Y) dan memiliki korelasi yang sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lebih dari separuh karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya memiliki persepsi terhadap dukungan organisasi yang rendah serta lebih dari separuh karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya memiliki komitmen afektif yang rendah. Penelitian ini juga memberikan informasi bahwa ada hubungan antara persepsi terhadap dukungan organisasi dan komitmen afektif pada karyawan PT. Mitrapak Era Mandiri Surabaya. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat meneliti komitmen normativ dan komitmen berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101273

Actions (login required)

View Item View Item