Peningkatan kemampuan menulis puisi bertema khusus dengan teknik merespon puisi model pada siswa kelas VIIc SMP Negeri 18 Malang / Chanifatul Munthi Zahriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi bertema khusus dengan teknik merespon puisi model pada siswa kelas VIIc SMP Negeri 18 Malang / Chanifatul Munthi Zahriani

Zahriani, Chanifatul Munthi (2010) Peningkatan kemampuan menulis puisi bertema khusus dengan teknik merespon puisi model pada siswa kelas VIIc SMP Negeri 18 Malang / Chanifatul Munthi Zahriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahriani Chanifatul Munthi. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bertema Khusus dengan Menggunakan Teknik Merespon Puisi Model pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata kunci peningkatan kemampuan menulis puisi bertema khusus teknik merespon puisi model. Menulis puisi merupakan salah satu bentuk kegiatan menulis yang merupakan kegiatan aktif dan produktif. Dengan menulis puisi seseorang telah melakukan proses berpikir dan menghasilkan sebuah tulisan yang dapat dinikmati oleh orang lain. Namun dalam kenyataan di lapangan pembelajaran menulis puisi terutama dengan batasan tema tertentu acap kali menjadi pembelajaran yang kurang menyenangkan. Salah satunya karena menulis puisi merupakan salah satu kegiatan menulis kreatif yang sangat mengedepankan keluwesan sehingga siswa akan mengalami kesulitan apabila menulis puisi dibatasi oleh tema tertentu. Hal ini dapat terjadi bila pada saat siswa dituntut untuk menulis puisi dengan tema tertentu sedangkan perasaannya tidak sedang ingin menulis tentang itu. Pada kondisi ini guru sebagai fasilitator harus memfasilitasi siswa dengan metode yang cocok yang dapat merangsang siswa untuk mendapatkan mood tentang tema yang akan dijadikan acuan dalam menulis puisi. Terkait dengan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dirumuskan masalah sebagai berikut (1) bagaimanakah proses peningkatan kemampuan menulis puisi bertema khusus siswa kelas VIIC SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan teknik merespon puisi model pada tahap (a) pratulis (b) saat tulis dan (c) pascatulis dan (2) bagaimanakah hasil peningkatan kemampuan menulis puisi bertema khusus siswa kelas VIIC SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan teknik merespon puisi model pada tahap (a) pratulis (b) saat tulis dan (c) pascatulis Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Malang pada kelas VIIC. Subyek yang diteliti sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan teknik observasi dan pengumpulan data hasil dilakukan dengan analisis karya siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode merespon puisi model terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil menulis puisi siswa dengan memuaskan. Proses peningkatan kemampuan menulis puisi dengan tema tertentu pada tahap pratulis dilakukan kegiatan berikut (1) guru memberikan puisi model kepada siswa (2) siswa membaca dan memahami puisi model dan (3) siswa menganalisis butir-butir ide dalam puisi model. Pada saat tulis dilakukan kegiatan berikut (1) siswa menuliskan respon terhadap puisi model dalam bentuk paragraf (2) siswa merevisi kalimat-kalimat respon yang telah disusun sebelumnya menjadi baris-baris puisi dengan memperhatikan pemilihan diksi penggunaan bahasa kias penggunaan pengimajian dan penataan rima (3) siswa dengan bimbingan guru menata baris-baris puisi tersebut ke dalam bait-bait puisi dan (4) siswa memberi judul puisi masing-masing. Pada tahap pascatulis dilakukan kegiatan berikut (1) siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan teman sebangku untuk diberi masukan (2) siswa mengedit puisinya sesuai masukan teman (3) perwakilan siswa membacakan hasil puisi yang telah ditulis di depan kelas secara bergantian dengan dinilai oleh teman sekelas dan (4) siswa diberi penghargaan. Dari hasil peningkatan kemampuan menulis puisi pada tahap pratulis pada siklus I diketahui bahwa siswa yang mencapai skor 65 sebanyak 51 61% sedangkan untuk siklus II siswa yang mencapai skor 65 sebanyak 100%. Pada tahap ini diketahui ada peningkatan kemampuan siswa sebesar 48 39%. Dari hasil peningkatan kemampuan menulis puisi pada saat menulis siklus I diketahui bahwa siswa yang mencapai skor 65 sebanyak 19 35%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan sebesar 3 23% dari skor siswa pada penelitian pendahuluan. Pada siklus II siswa yang mencapai skor 65 sebanyak 100% hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa sebesar 80 65% dibandingkan siklus I. Pada tahap pascatulis siswa telah mempunyai kepercayaan diri untuk membacakan puisinya di depan kelas. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan metode merespon puisi model dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan tema tertentu dengan menggunakan metode merespon puisi model dapat meningkat pada aspek diksi rima majas/bahasa kias citraan/pengimajian pada proses dan hasil tahap pratulis saat tulis dan pascatulis. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan kepada Kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di lingkungan sekolah untuk menerapkan penelitian tindakan kelas agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mengetahui kelemahan pembelajaran. Kepada guru sebagai pembina mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inodnesia disarankan agar menggunakan metode merespon puisi model atau yang lain secara lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mencapai suatu kompetensi pembelajaran. Kepada peneliti berikutnya disarankan agar menggunakan dan mengembangkan metode merespon puisi model sebagai dasar untuk melakukan penelitian lain dengan lebih kreatif atau mengembangkan keterampilan berbahasa lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item