Efektivitas bermain menggunakan media tali temali pramuka untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan yang rendah pada siswa TK B / Muhammad Ikhsan

Ikhsan, Muhammad (2019) Efektivitas bermain menggunakan media tali temali pramuka untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan yang rendah pada siswa TK B / Muhammad Ikhsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ikhsan, Muhammad. 2018. Efektivitas Bermain Menggunakan Media Tali-Temali Pramuka Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Yang Rendah Pada Siswa TK B. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci : tali-temali pramuka, kemampuan menulis permulaan, siswa TK B Kemampuan menulis permulaan adalah kemampuan yang dipergunakan oleh siswa TK B untuk mengekspresikan hasil belajar yang telah dilakukannya melalui sebuah tulisan. Kemampuan ini memiliki peran yang penting terhadap keberlangsungan anak di masa pendidikannya. Walaupun pemerintah sudah melarang tes menulis untuk masuk sekolah dasar, masih banyak sekolah yang memberlakukannya sebagai cara seleksi calon siswa baru. Seleksi dilakukan karena jumlah peminat yang terlalu banyak. Tali-temali pramuka adalah sebuah kecakapan menggunakan jari-jari tangan dan kordinasi mata untuk membentuk sebuah ikatan, simpul dan anyaman. Melalui bermain menggunakan media tali-temali pramuka siswa akan meningkatkan kemampuan penunjang kemampuan menulis permulaannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas bermain menggunakan media tali-temali pramuka untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa TK B ABA 5 kota malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa TK B ABA 5 Kota Malang sebanyak 8 subjek berkemampuan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Menulis Permulaan berjumlah 13 aitem dengan indeks reliabilitas 0,432. Hasil uji paired sample t-test menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat peningkatan mean kemampuan menulis permulaan sebesar 22.40% antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bermain menggunakan media tali-temali pramuka. Maka dapat disimpulkan bahwa bermain menggunakan media tali-temali pramuka efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan yang rendah pada siswa TK B. Kepada peneliti selanjutnya yang ingin meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan perlakuan serupa, jangan terlalu fokus pada kemampuan menulis permulaannya saja. Pastikan untuk meningkatkan faktor lain yang terkait untuk meningkatkan kemapuan tersebut. Dalam hal ini kemampuan meningkat karena ada peningkatan pada kemampuan lintas modal siswa. Siswa jadi dapat memegang pensil dengan luwes dan memiliki koordinasi mata yang lebih baik. Perlakuan ini bisa menjadi lebih efektif, tambahkan variasi dalam kegiatan bermain untuk mengurangi kejenuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101267

Actions (login required)

View Item View Item