Hubungan persepsi beban kerja dengan work-study conflict pada mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja / Elma Dania

Dania, Elma (2019) Hubungan persepsi beban kerja dengan work-study conflict pada mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja / Elma Dania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Dania, Elma. 2018. Hubungan antara Persepsi Beban Kerja dengan Work-Study Conflict pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang Bekerja. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si. (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: Persepsi Beban Kerja, Work-Study Conflict, Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja Work-Study Conflict merupakan bentuk konflik peran ganda yang dirasakan individu ketika menggabungkan peran sebagai pelajar sekaligus pekerja dalam waktu yang bersamaan sehingga konflik dalam satu peran tersebut mempengaruhi peran yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi beban kerja mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja, mengetahui work-study conflict mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja, dan apakah ada ada hubungan antara persepsi beban kerja dengan work-study conflict mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja, sehingga dapat dikatakan sebagai populasi tak terhingga. Kemudian diambil sampel sebanyak 107 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi beban kerja dan skala work-study conflict yang telah melalui uji validitas konstruk dan uji reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja sebagian besar memiliki persepsi beban kerja yang tinggi, (2) mahasiswa Universitas Negeri Malang sebagian besar memiliki work-study conflict yang tinggi, dan (3) ada hubungan antara persepsi beban kerja dengan work-study conflict mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerja dengan koefisien korelasi sebesar 0,589 dan taraf signifikansi 0,000. Koefisien determinasi sebesar 0,347 menunjukkan bahwa persepsi beban kerja memberikan kontribusi efektif sebesar 34,7% terhadap work-study conflict. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan melihat variabel yang diduga dapat mempengaruhi work-study conflict yaitu jam kerja, tuntutan pekerjaan, ketidakpuasan kerja, dan sumber daya pekerjaan yang dapat berupa dukungan organisasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101266

Actions (login required)

View Item View Item