Persepsi terhadap token ekonomi dan motivasi berprestasi sebagai prediktor kinerja pengemudi gojek di Kota Malang / Aninda Dia Juliawanati

Juliawanati, Aninda Dia (2019) Persepsi terhadap token ekonomi dan motivasi berprestasi sebagai prediktor kinerja pengemudi gojek di Kota Malang / Aninda Dia Juliawanati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Juliawanati, Aninda Dia. 2018. Persepsi terhadap Token Ekonomi dan Motivasi Berprestasi sebagai Prediktor Kinerja Pengemudi Gojek Di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi terhadap token ekonomi dan motivasi berprestasi menjadi prediktor kinerja pengemudi Gojek di kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelatif, karena penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran persepsi terhadap token ekonomi, motivasi berprestasi, dan kinerja serta untuk mengetahui apakah persepsi terhadap token ekonomi menjadi prediktor kinerja, motivasi berprestasi menjadi prediktor kinerja, dan persepsi terhadap token ekonomi dan motivasi berprestasi menjadi prediktor kinerja. Keseluruhan jumlah pengemudi Gojek di Malang Raya adalah sebanyak 4821 orang yang tersebar di seluruh Malang Raya. Berdasarkan populasi yang ada kemudian diambil sampel dengan metode non probability sampling dan convenience sampling menghasilkan sampel penelitian sejumlah 100 pengemudi. Instrumen yang digunakan adalah skala persepsi terhadap token ekonomi, motivasi berprestasi, dan kinerja. Hasil uji regresi berganda menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,666, artinya persepsi terhadap token ekonomi dan motivasi berprestasi menjadi prediktor kinerja pengemudi Gojek di kota Malang. Nilai Beta pada persepsi terhadap token ekonomi sebesar 0,321, sedangkan nilai Beta pada motivasi berprestasi sebesar 0,409. Hal ini berarti motivasi berprestasi lebih berpengaruh terhadap kinerja pengemudi Gojek di kota Malang. Hasil analisis deskriptif persepsi terhadap token ekonomi menunjukkan bahwa 35 pengemudi Gojek (35%) berada dalam kategori negatif dan 65 pengemudi (65%) berada dalam kategori positif. Sedangkan 49 pengemudi (49%) memiliki motivasi kerja rendah dan 51 pengemudi (51%) memiliki motivasi berprestasi tinggi. Selanjutnya 41 pengemudi (41%) memiliki kinerja rendah dan 59 pengemudi (59%) memiliki kinerja tinggi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan hipotesis yaitu (1) persepsi terhadap token ekonomi sebagai prediktor kinerja; (2) motivasi berprestasi sebagai prediktor kinerja; (3) persepsi terhadap token ekonomi dan motivasi berprestasi sebagai prediktor kinerja pengemudi Gojek di kota Malang. Dari hasil penelitian mendapatkan tiga saran, yaitu (1) kepada perusahaan, diharapkan bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja pengemudinya dan persepsi pengemudi terhadap token ekonomi; (2) bagi pengemudi, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi bagi pengemudi dalam meningkatkan kinerjanya; (3) bagi peneliti, bagi peneliti selanjutnya apabila ingin melakukan penelitian mengenai kinerja disarankan untuk mengkaji ulang faktor pendidikan dan pelatihan, motivasi kerja, insentif, dan lingkungan kerja. Kata Kunci : kinerja, motivasi berprestasi, persepsi terhadap token ekonomi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101264

Actions (login required)

View Item View Item