Pengaruh penggunaan metode dictogloss terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SDN Karangjati I Ngawi tahun ajaran 2009/2010 / Arny Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode dictogloss terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SDN Karangjati I Ngawi tahun ajaran 2009/2010 / Arny Kurniasari

Kurniasari, Arny (2010) Pengaruh penggunaan metode dictogloss terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SDN Karangjati I Ngawi tahun ajaran 2009/2010 / Arny Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniasari Arny. 2009. Pengaruh Penggunaan Metode Dictogloss Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV SDN Karangjati I Ngawi Tahun Ajaran 2009/2010 . Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Masnur Muslich M.Si Kata Kunci metode dictogloss kemampuan menulis. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di samping keterampilan berbahasa yang lainnya. Dengan menulis siswa dapat menuangkan segala keinginan hati perasaan sindiran kritikan dan lainnya. Namun dalam pengajarannya masih banyak terdapat kendala karena rendahnya minat siswa. Upaya untuk mengatasi rendahnya minat siswa terhadap kegiatan menulis biasa dilakukan guru di sekolah dengan mengembangkan aspek menyimak sekaligus menulis. Upaya ini dilakukan dengan cara tradisional yang lebih kita kenal dengan sebutan dikte. Wajnryb (1990) telah mengembangkan cara baru untuk melakukan dikte dikenal sebagai dictogloss. Dari latar belakang di atas diangkatlah sebuah penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Metode Dictogloss terhadap Kemampuan Menulis pada Siswa Kelas IV SDN Karangjati I Ngawi Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan metode Dictogloss terhadap kemampuan menulis siswa dari segi pilihan kata atau diksi penyusunan kalimat ejaan dan tanda baca. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Dictogloss terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas IV SD yang dilihat dari dua aspek yaitu aspek bahasa dan aspek mekanik. Dengan demikian penelitian ini dapat dikategorikan dalam penelitian eksperimen. Instrumen pengukuran variabel dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal (prates) dan tes kemampuan akhir (postes). Tes dilakukan dengan memberikan tugas pada siswa untuk membuat karangan. Adapun soal yang diberikan berupa soal subjektif dengan rincian (1) dalam prates siswa diminta untuk membuat karangan berdasarkan topik yang telah diberikan dan (2) dalam postes pada kelas eksperimen siswa diminta kembali untuk membuat karangan setelah dilakukan pembelajaran dengan metode Dictogloss sedangkan pada kelas kontrol dilakukan dengan model konvensional siswa diberi kata kunci yang digunakan sebagai acuan mengarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t tabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2 063. Dengan t hitung dari segi pilihan kata penyusunan kalimat ejaan dan tanda baca secara berurutan sebesar 3 536 3 979 3 015 2 846. Setelah dikonsultasikan dengan t tabel diperoleh simpulan t hitung lebih besar dari t table . Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif penggunaan metode dictogloss dalam pembelajaran menulis terhadap kemampuan menulis karangan dari segi pilihan kata atau diksi penyusunan kalimat ejaan dan tanda baca. Berdasarkan hasil penelitian ini guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya bisa menerapkan pembelajaran menulis dengan menggunakan metode dictogloss agar kemampuan menulis siswa menjadi lebih baik. Untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif pembelajaran dengan metode dictogloss instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa pada aspek penilaian menulis hendaknya lebih ditingkatkan lagi dengan menambahkan aspek yang dinilai dalam mengukur kemampuan menulis siswa seperti organisasi karangan. Guru disarankan juga untuk memberikan latihan yang lebih banyak lagi kepada siswa mengenai keterampilan mengarang. Melalui karangan inilah siswa dapat menuangkan segala ide pikiran dan gagasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item