Hubungan motivasi menghafal al-Qur'an dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2017 / Anwar Kirom

Kirom, Anwar (2019) Hubungan motivasi menghafal al-Qur'an dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2017 / Anwar Kirom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kirom, Anwar. 2018. Hubungan Motivasi Menghafal Al-Qur’an dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2017. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, M.Si, (II) Aji Bagus Priyambodo, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: motivasi menghafal Al-Qur’an, kecerdasan emosional, prestasi belajar Prestasi belajar merupakan hasil yang menunjukkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Kecerdasan emosi yang baik akan menimbulkan kemauan belajar yang efektif sehingga menunjang prestasi belajar. Pada penghafal Al-Qur’an yang sebagian besar waktunya untuk menghafal memiliki prestasi belajar yang baik. Padahal intensitas belajar memengaruhi prestasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi menghafal Al-Qur’an, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar mahasiswa. Dan melihat korelasi motivasi menghafal Al-Qur’an dengan prestasi belajar, kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, serta motivasi menghafal Al-Qur’an dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sederhana menghasilkan 75 subjek mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan adalah skala motivasi menghafal Al-Qur’an dengan reliabilitas 0,853, skala kecerdasan emosional dengan reliabilitas 0,870 dan dokumentasi nilai indeks prestasi (IP). Analisis yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Hasil analisis deskriptif menunjukkan 41 mahasiswa tergolong kategori tinggi pada motivasi menghafal Al-Qur’an dan kecerdasan emosional. Dan 39 mahasiswa tergolong kategori tinggi pada prestasi belajar. Analisis korelasional menggunakan korelasi product moment. Hasil uji hipotesis motivasi menghafal Al-Qur’an dan prestasi belajar menunjukkan korelasi yang positif dengan signifikansi 0,00 ≤ 0,05 dan rxy = 0,441. Hasil uji hipotesis kecerdasan emosional dan prestasi belajar menunjukkan korelasi yang positif dengan signifikansi 0,00 ≤ 0,05 dan rxy = 0,531. Hasil uji hipotesis motivasi menghafal Al-Qur’an dan kecerdasan emosional secara simultan dengan prestasi belajar menunjukkan korelasi yang signifikan positif dengan signifikansi 0,00 ≤ 0,05 dan rxy = 0,733. Motivasi menghafal Al-Qur’an dapat memunculkan perilaku optimis dan tidak mudah menyerah, sedangkan kecerdasan emosional akan menjadikan mahasiswa mampu mengendalikan emosi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Dengan demikian, disarankan kepada mahasiswa jurusan sastra arab untuk aktif dalam kegiatan ke Al-Qur’an an dan berupaya untuk mengendalikan emosi diri. Sedangkan bagi pengambil kebijakan jurusan sastra arab, diharapkan dapat memfasilitasi dan mengadakan kegiatan talkshow inspiratif dengan penghafal Al-Qur’an dan pelatihan pengendalian emosi. Untuk peneliti selanjutnya dapat memvariasikan penelitian ini dengan manajemen waktu dan pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101259

Actions (login required)

View Item View Item