Hubungan antara keterikatan karyawan dan intensi berhenti dari pekerjaan pada karyawan SMP Plus Az Zahro Malang / Nurmukni

Nurmukni (2019) Hubungan antara keterikatan karyawan dan intensi berhenti dari pekerjaan pada karyawan SMP Plus Az Zahro Malang / Nurmukni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Nurmukni. 2018. Hubungan Keterikatan Karyawan Dan Intensi Berhenti Dari Pekerjaan Pada Karyawan SMP Az Zahro Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed, (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi Kata Kunci: Keterikatan Karyawan, Intensi Berhenti Dari Pekerjaan Intensi berhenti dari pekerjaan adalah keinginan karyawan atau individu untuk keluar dari suatu organisasi, baik secara sukarela atau tidak dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi dibandingkan pekerjaan sebelumnya. Tingginya tingkat berhenti dari pekerjaan membawa kerugian bagi perusahaan. Salah satu kunci penggerak intensi berhenti dari pekerjaan adalah keterikatan karyawan terhadap organisasinya. Keterikatan karyawan merupakan rasa keterikatan secara emosional yang dirasakan oleh karyawan dengan pekerjaannya dan perusahan tempat ia bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: (1) keterikatan karyawan SMP Plus Az Zahro Malang, (2) intensi berhenti dari pekerjaan karyawan SMP Plus Az Zahro Malang, (3) hubungan antara antara keterikatan karyawan dan intensi berhenti dari pekerjaan pada karyawan SMP Plus Az Zahro Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 30 karyawan karyawan SMP Plus Az Zahro Malang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel populasi atau sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah skala intensi berhenti dari pekerjaan sebanyak 33 aitem dengan reliabilitas 0.916 dan skala keterikatan karyawan sebanyak 29 aitem dengan reliabilitas 0.907. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis statistik korelasi formula product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar karyawan SMP Plus Az Zahro Malang memiliki intensi untuk berhenti dari pekerjaan yang tinggi, (2) Sebagian besar karyawan SMP Plus Az Zahro Malang memiliki keterikatan karyawan yang rendah terhadap organisasinya, (3) Terdapat hubungan negatif antara keterikatan karyawan dan intensi untuk berhenti dari pekerjaan pada karyawan SMP Plus Az Zahro Malang (r = -0.507, p < 0,05) Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah (1) bagi organisasi bisa membentuk kegiatan dalam periode waktu setahun mapun sebulan sekali misalnya adanya penghargaan untuk karyawan yang berprestasi untuk meningkatkan semangat karyawan dalam bekerja, adanya acara sharing antar karyawan dan organisasi untuk mendekatkan karyawan dengan organisasinya sehingga karyawan merasa menjadi bagian penting dari organisasinya (2) Karyawan disarankan bekerja dengan menumbuhkan rasa memiliki dan pengabdian terhadap pekerjaannya sehingga karyawan dapat bekerja dengan memaknai pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101258

Actions (login required)

View Item View Item