Hubungan antara beban kerja mental dan stres kerja pada perawat di Rumah Sakit Balikpapan Baru / Chasiati Rahmadana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara beban kerja mental dan stres kerja pada perawat di Rumah Sakit Balikpapan Baru / Chasiati Rahmadana

Rahmadana, Chasiati (2018) Hubungan antara beban kerja mental dan stres kerja pada perawat di Rumah Sakit Balikpapan Baru / Chasiati Rahmadana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rahmadana Chasiati. 2018. Hubungan antara Beban Kerja Mental dan Stres Kerja pada Perawat di Rumah Sakit Balikpapan Baru. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi. M.Si (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi. Kata Kunci beban kerja mental stres kerja Beban kerja mental adalah salah satu faktor pemicu stres di lingkungan kerja. Beban kerja mental yang berlebihan akan menimbulkan stres kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat beban kerja mental peraawat (2) tingkat stres kerja perawat (3) adakah korelasi antara beban kerja mental dan stres kerja perawat di rumah sakit Balikpapan baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 54 siswa pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh diambil dari seluruh perawat di rumah sakit Balikpapan baru. Terdapat dua instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) skala beban kerja mental dengan 18 aitem valid memiliki nilai reliabilitas 0 883 dan (b) skala stres kerja dengan 47 aitem valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 946. Ada dua teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat beban kerja mental perawat berada dalam kategori tinggi (2) tingkat stres kerja perawat berada dalam kategori tinggi (3) ada korelasi positif antara beban kerja mental dengan stres kerja perawat di rumah sakit Balikpapan baru. Pada hasil analisis uji korelasi beban kerja mental menunjukkan nilai rxy 0 633 dengan p 0 000 0 05 maka Ha diterima. Artinya ada hubungan positif yang signifikan antara beban kerja mental dengan stres kerja. Saran yang dapat diberikan adalah (1) perawat diharapkan dapat menerapkan manajemen stres melalui manajemen waktu yang baik seperti tidak menunda- nunda pekerjaan dan menjadikan penyelesaian tugas menjadi prioritas utama (2) rumah sakit diharapkan dapat menambahkan jumlah perawat agar perawat yang tersedia tidak harus bekerja lebih dari kapasitas waktu yang seharusnya pengadaan program pelatihan keterampilan perawat juga diperlukan untuk meningkatkan keterampilan sehingga menimbulkan kepercayaan diri perawat atas kemampuannya (3) peneliti selanjutnya disarankan menggunakan variabel lain yang mempengaruhi stres kerjaseperti menambahkan faktor lain diluar organisasi yaitu kontrol atas jangka waktu dukungan sosial dan pengalaman masa lalu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101257

Actions (login required)

View Item View Item