Hubungan self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan tingkat adversity quotient mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya Malang / Dian Ambarwati

Ambarwati, Dian (2018) Hubungan self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan tingkat adversity quotient mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya Malang / Dian Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ambarwati, Dian. 2018. Hubungan Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi dengan Tingkat Adversity Quotient Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, M.Si, (II) Drs. H. Moh Bisri, M.Si. Kata Kunci: self-efficacy, motivasi berprestasi, tingkat adversity quotient. Adversity quotient merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Mahasiwa dengan tingkat adversity quotient tinggi lebih mudah dalam mengahadapi berbagai hambatan dan tantangan selama perkuliahan sehingga dapat menumbuhkan semangat dan rasa opitimisme yang besar untuk mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) self-efficacy mahasiswa; (2) motivasi berprestasi mahasiwa; (3) adversity quotient mahasiswa; dan (4) hubungan self-efficacy dan motivasi beprestasi dengan tingkat adversity quotient mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Brawijaya Malang berjumlah 219 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 54 mahasiswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Ada tiga instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (a) skala self-efficacy dengan 44 aitem valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,939; (b) skala motivasi berprestasi dengan 42 aitem valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,931; (c) skala adversity quotient dengan 40 aitem valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,939. Hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa: (a) self-efficacy mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Brawijaya Malang berada dalam kategori tinggi; (b) motivasi berprestasi mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Brawijaya Malang berada dalam kategori tinggi; (c) adversity quotient mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Brawijaya Malang berada dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang artinya ada hubungan self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan tingkat adversity quotient mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Brawijaya Malang. Kesimpulan yang diperoleh: (1) ada hubungan self-efficacy dengan tingkat adversity quotient pada mahasiswa; (2) ada hubungan motivasi berprestasi dengan tingkat adversity quotient pada mahasiswa; (3) ada hubungan self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan tingkat adversity quotient pada mahasiswa. Saran yang dapat diberikan adalah (1) mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan adversity quotient atau daya juang yang dimiliki; (2) dosen mampu memberikan strategi belajar yang dapat meningkatkan self-efficacy, motivasi berprestasi dan adversity quotient mahasiswa; (3) peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain atau variabel yang berbeda seperti, kreativitas, daya saing, dan produktivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101256

Actions (login required)

View Item View Item