Ummah, Arin Shifa Widdatul (2018) Hubungan antara peer attachment dengan kontrol diri siswa SMA / Arin Shifa Widdatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Ummah A. S. W. 2018. Hubungan antara Peer Attachment dengan Kontrol Diri Siswa SMA. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci peer attachment kontrol diri Kontrol diri merupakan aspek penting bagi siswa SMA. Kontrol diri yang tinggi memudahkan siswa dalam mengarahkan perilaku kearah yang positif dan sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat peer attachment siswa (2) tingkat kontrol diri siswa (3) adakah korelasi antara peer attachment dengan kontrol diri siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 63 siswa pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total dengan mengambil seluruh siswa kelas XI. Terdapat dua instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) skala peer attachment dengan 40 aitem valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 855 dan (b) skala kontrol diri dengan 47 aitem valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 879. Ada dua teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat peer attachment siswa berada dalam kategori tinggi (2) tingkat kontrol diri siswa berada dalam kategori tinggi (3) ada korelasi positif antara peer attachment dengan kontrol diri siswa SMA. Pada hasil analisis uji korelasi product moment menunjukkan nilai 0 552 dengan p 0 000 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada hubungan positif yang signifikan antara peer attachment dengan kontrol diri. Saran yang diberikan untuk (a) siswa lebih mengarahkan peer attachment kearah positif peningkatan peer attachment diharapkan mampu meningkatkan kontrol diri sehingga siswa mampu mempertimbangkan dan mengendalikan tindakan secara baik (b) pihak sekolah membimbing siswa agar lebih meningkatkan interaksi sosialnya dengan baik dan membantu siswa dalam meningkatkan kontrol diri dengan melakukan pendekatan secara personal pada siswa yang mengalami permasalahan (c) peneliti selanjutnya disarankan menggunakan variabel lainnya yang mempengaruhi kontrol diri baik faktor internal seperti usia emosi maupun faktor eksternal seperti lingkungan keluarga pola asuh dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |