Strategi coping stress pada mahasiswa salah jurusan di tiga perguruan tinggi negeri Kota Malang / Ary Nur Syamsiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi coping stress pada mahasiswa salah jurusan di tiga perguruan tinggi negeri Kota Malang / Ary Nur Syamsiah

Syamsiah, Ary Nur (2018) Strategi coping stress pada mahasiswa salah jurusan di tiga perguruan tinggi negeri Kota Malang / Ary Nur Syamsiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Syamsiah Ary Nur. 2018. Strategi Coping Stress pada Mahasiswa Salah Jurusan di Tiga Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Nur Eva M.Psi (2) Diantini Ida Viatrie S.Psi. M.Si Kata Kunci coping stress mahasiswa salah jurusan Coping stress merupakan suatu upaya individu untuk mengelola situasi yang membebani memperluas usaha untuk memecahkan masalah hidup dan berusaha untuk mengurangi dan mengatasi stress. Kemampuan setiap individu dalam memilih strategi coping dan menggunakannya untuk mengurangi tekanan adalah berbeda. Perbedaan juga terdapat dalam hal pemahaman mengenai bagaimana dan kapan harus memakai strategi coping yang diperlukan. Mahasiswa salah jurusan merupakan mahasiswa yang pada saat masuk pada Perguruan Tinggi tidak sesuai dengan minatnya. Beberapa mahasiswa yang salah jurusan merasakan emosi negatif seperti tertekan marah kecewa dan rendah diri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap dengan mendeskripsikan secara mendalam mengenai strategi coping stress mahasiswa salah jurusan di Tiga Perguruan Tinggi Negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model penelitian fenomenologi. Partisipan pada penelitian ini yaitu empat mahasiswa dari beberapa kampus yang ada di Tiga Perguruan Tinggi Negeri terdiri dari tiga laki-laki dan satu perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara jenis wawancara terpimpin observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik dan validasi data menggunakan triangulasi sumber dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi coping stress mahasiswa salah jurusan di Tiga Perguruan Tinggi Negeri menggunakan emotion focused coping dengan disertai task oriented dimana subyek melakukan denial namun tetap fokus pada penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101253

Actions (login required)

View Item View Item