Hubungan antara pola asuh memanjakan dengan perasaan rendah diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah / Juliana

Juliana (2018) Hubungan antara pola asuh memanjakan dengan perasaan rendah diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah / Juliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Juliana. 2018. Hubungan pola asuh memanjakan dengan perasaan rendah diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nur Eva,S.Psi.,M.Psi (II) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: pola asuh memanjakan, perasaan rendah diri, siswa prestasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh memanjakan dengan perasaan rendah diri pada siswa yang memilik prestasi belajar rendah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di 10 sekolah swasta di Malang yaitu SMP YPK 1, SMP Kartini Yasri, SMP Advent, SMPK PJ Global, SMP Muhammaddiyah 4,SMPK Sang Timur,SMP Katholik Mardiwiyata, SMP Sriwedari,SMP Katholik Santa Maria dan SMP Katholik Santo Yusup. Sampel yang diambil berjumlah 90 siswa dengan menggunakan teknik sample jenuh. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala pola asuh memanjakan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,874 dan skala perasaan rendah diri dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,921. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara pola asuh memanjakan dengan perasaan rendah diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Nilai koefisien korelasi product moment (rxy) sebesar 0,705 dengan signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Tanda koefisien korelasi dari hasil analisis data bersifat positif sehingga menunjukkan adanya arah hubungan yang berbanding lurus yang artinya semakin tinggi pola asuh memanjakan maka akan semakin tinggi pula perasaan rendah diri pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Saran yang diberikan pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah yakni untuk dapat lebih mengembangkan kepercayaan dirinya dengan melakukan kegiatan yang lebih positif ketika berada di sekolah maupun di lingkungan sekolah agar siswa mampu untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki tanpa merasa rendah diri sehingga siswa akan menjadi siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik dan membanggakan. Orangtua diharapkan dapat menerapkan pola asuh yang lebih positif dan meminimaliris untuk membantu anak dalam mengerjakan tugas yang berhubungan dengan sekolah agar anak dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki dan menjadi mandiri. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat menambahkan jumlah subjek sehingga akan lebih terlihat perbedaannya, peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat melakukan penelitian dengan metode penelitian kualitatif agar dapat memperoleh hasil penelitian yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101252

Actions (login required)

View Item View Item