Pengaruh teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi pengurus OSIS SMP Shalahudin Malang / Syintika Feamy Wiraputri Permata. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi pengurus OSIS SMP Shalahudin Malang / Syintika Feamy Wiraputri Permata.

Permata, Syintika Feamy Wiraputri (2018) Pengaruh teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi pengurus OSIS SMP Shalahudin Malang / Syintika Feamy Wiraputri Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Permata Syintika Feamy Wiraputri. 2013. Pengaruh Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan komunikasi interpersonal Anggota Pengurus Osis Smp Shalahudin Malang . Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Mohammad Irtadji M.Si dan Dosen Pembimbing (II) Aji Bagus Priyambodo S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Keterampilan komunikasi interpersonal Teknik Bermain Peran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Bermain Peran dalam meningkatkan Keterampilan komunikasi interpersonal siswa anggota pengurus OSIS SMP Shalahudin Malang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Keterampilan komunikasi interpersonal Pengurus Osis SMP Shalahuddin Malang dapat ditingkatkan melalui teknik Bermain Peran Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-experimental dengan desain One group Prettest-Posttest menggunakan uji comparasi paired sampel t-test untuk mengetahui efek sebelum dan sesudah perlakuan. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa anggota pengurus osis SMP Shalahuddin Malang yang berjumlah 33 siswa. Adapun untuk menghitung validitas dan reliabilitas menggunakan rumus product momen. Uji validitas menunjukkan bahwa seluruh nilai r-hitung lebih besar dari r-tabel dengan nilai signifikansi di bawah 0.05. Realibilitas skala keterampilan komunikasi interpersonal diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien sebesar 0.966 yang menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Penilaian untuk seluruh variabel Keterampilan komunikasi interpersonal pada saat pretest berada pada kategori tinggi karena memiliki rata-rata 2.57 selanjutnya Keterampilan komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori sangat tinggi karena memiliki rata-rata 3.30. Analisis hipotesis menggunakan uji Paired sample t-tes melalui program SPSS statistic 19.0. Hasil penghitungan uji hipotesis diketahui bahwa nilai t-hitung 19.081 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik Bermain Peran efektif untuk meningkatkan Keterampilan komunikasi interpersonal anggota OSIS SMP Shalahudin Malang. Dari hasil penelitian disarankan bagi Guru BK diharapkan mampu menggunakan keterampilan komunikasi berbasis layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain peran untuk meningkatkan skill komunikasi interpersonal karena hasil bimbingan ini membuahkan hasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101251

Actions (login required)

View Item View Item