Efikasi diri pada mahasiswa yang bekerja saat penyusunan skripsi / Mokhamad Hendra Wahyu Nurokhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Efikasi diri pada mahasiswa yang bekerja saat penyusunan skripsi / Mokhamad Hendra Wahyu Nurokhim

Nurokhim, Mokhamad Hendra Wahyu (2018) Efikasi diri pada mahasiswa yang bekerja saat penyusunan skripsi / Mokhamad Hendra Wahyu Nurokhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nurokhim Mokhammad H.W. 2017. Efikasi Diri Pada Mahasiswa Yang Bekerja Saat Penyusunan Skripsi. Skripsi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Fattah Hidayat S.Psi. S.E. M.Si (2) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi Kata kunci Efikasi diri Bekerja Skripsi Mahasiswa. Bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dituntut untuk menyelesaikan studinya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Keyakinan seseorang bahwa dirinya akan mampu melaksanakan tingkah laku yang dibutuhkan dalam suatu tugas yang didasari oleh batas-batas kemampuan dirasakan akan menuntun para mahasiswa berpikir mantap dan efektif. Istilah keyakinan ini disebut efikasi diri. Efikasi diri sangat mempengaruhi mekanisme perilaku manusia. Fokus Penelitian ini yaitu untuk mengungkap bagaimana dinamika efikasi diri mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi khususnya pada mahasiswa yang bekerja.. Dalam penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memakai wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data non-numerik yang nantinya digunakan untuk menggambarkan dinamika efikasi diri pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efikasi diri para mahasiswa pada awalnya tinggi. Kemudian menurun setelah memasuki dunia kerja nyata. Akan tetapi kemudian naik ketika mahasiwa telah mengalami proses adaptasi dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Puncaknya tiap mahasiswa tidak dapat melakukan keduanya secara bersamaan dan lebih memilih salah satu yang mereka anggap lebih penting. Bagaimanapun juga tugas utama mahasiswa adalah belajar atau bisa dikatakan menyelesaikan studinya. Alangkah baiknya jika bisa menuntaskan studinya tepat waktu. Kalaupun memang ada hal-hal tertentu yang mengakibatkan mahasiswa untuk bekerja pilihlah pekerjaan yang tugas-tugasnya pernah anda kerjakan hal ini berkaitan dengan manajemen diri dan berguna untuk melihat secara jauh nantinya bagaimana anda akan menjalani keduanya tanpa mengorbankan salah satunya seperti para informan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101250

Actions (login required)

View Item View Item