Hubungan antara efikasi diri akademik dan determinasi diri remaja pecandu permainan daring di Kecamatan Kepanjen / Faizatul Lathifah

Lathifah, Faizatul (2018) Hubungan antara efikasi diri akademik dan determinasi diri remaja pecandu permainan daring di Kecamatan Kepanjen / Faizatul Lathifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Lathifah, Faizatul. 2017. Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dan Determinasi Diri Remaja Pecandu Permainan Daring di Kecamatan Kepanjen. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si, (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci : efikasi diri akademik, determinasi diri, remaja, permainan daring. Efikasi diri akademik adalah keyakinan akan kemampuan akademik yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan akademik yang diinginkan. Determinasi diri adalah kemampuan untuk melibatkan diri sendiri sebagai penentu nasib atau sebagai individu yang memiliki pilihan dalam bertindak dan berperilaku. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah ada hubungan antara efikasi diri akademik dan determinasi diri pada remaja pecandu permainan daring di Kecamatan Kepanjen (2) mengetahui gambaran efikasi diri akademik pada remaja pecandu permainan daring di Kecamatan Kepanjen (3) mengetahui gambaran determinasi diri pada remaja pecandu permainan daring di Kecamatan Kepanjen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, dengan jumlah penelitian 53 remaja pecandu permainan daring. Instrumen penelitian adalah skala efikasi diri akademik dan skala determinasi diri. Skala efikasi diri akademik diperoleh 31 aitem yang valid dengan rentangan skor 0,00 sampai 0,014 dan reliabilitas sebesar 0,906. Skala determinasi diri diperoleh 33 aitem yang valid dengan rentang skor 0,00 sampai 0,042 dan reliabilitas sebesar 0,897. Data penelitian menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan remaja pecandu permainan daring (1) terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan determinasi diri pada remaja pecandu permainan daring dengan nilai korelasi 0,547 dan signifikansi sebesar 0.000. (2) sebanyak 69,81 % memiliki efikasi diri akademik yang sedang (3) sebanyak 69,81 % memiliki determinasi diri yang sedang. Hal ini menunjukkan semakin tinggi efikasi diri akademik maka semakin tinggi determinasi diri remaja pecandu permainan daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101249

Actions (login required)

View Item View Item