Analisis tematik bentuk-bentuk perundungan siber di media sosial pada orang berprestasi / Reika Azil Aryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tematik bentuk-bentuk perundungan siber di media sosial pada orang berprestasi / Reika Azil Aryani

Aryani, Reika Azil (2018) Analisis tematik bentuk-bentuk perundungan siber di media sosial pada orang berprestasi / Reika Azil Aryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Aryani Reika Azil. 2018. Analisis Tematik Bentuk-Bentuk Perundungan Siber di Media Sosial Pada Orang Berprestasi. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Indah Yasminum Suhanti S.Psi. M.Psi Kata Kunci analisis tematik perundungan siber media sosial orang berprestasi Perundungan siber merupakan perilaku agresif yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang atau kelompok dengan menggunakan bentuk kontak komunikasi secara elektronik dilakukan berulang-ulang dan setiap saat untuk menyerang korban yang tidak mampu menghindar. Perundungan siber memiliki beberapa bentuk yaitu (1) Pertengkaran siber (2) Pelecehan (3) Fitnah (4) Akun palsu (5) Tipu daya (6) Pengucilan (7) Penguntitan Siber. Masalah perundungan siber dapat terjadi pada siapa saja termasuk orang-orang berprestasi. Orang berprestasi adalah individu yang membedakan diri mereka dari orang lain dengan keinginan mereka untuk tampil pada tingkat yang lebih tinggi daripada teman sebayanya. Sehingga orang-orang yang berprestasi dan diakui di kompetisi tertentu dapat dikatakan lebih layak mendapatkan pujian dan penghargaan dibandingkan komentar perundungan. Komentar yang akan dianalisis berasal dari respon masyarakat bermuatan perundungan terhadap orang berprestasi. Partisipan pada penelitian kali ini merupakan komentar perundungan siber pada orang berprestasi terdiri dari komentar perundungan pada Tim Bali di akun Facebook komentar perundungan pada Masbro di Instagram dan komentar perundungan pada Bray di Twitter serta di Youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bentuk-bentuk perundungan siber di komentar media sosial Instagram Facebook Youtube dan Twitter pada orang berprestasi. Sehingga penjelasan mengenai bentuk-bentuk perundungan siber dapat menjadi salah satu data awal yang digunakan untuk membantu memberikan intervensi pada pelaku perundungan siber serta upaya pengurangan perundungan siber pada orang berprestasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kemungkinan peristiwa serta pengalaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik yaitu metode untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola dalam data kualitatif. Analisis tematik merupakan metode untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola dalam data kualitatif. Dari hasil yang ditemukan terdapat 4 bentuk perundungan siber di media sosial pada orang berprestasi. Bentuk-bentuk perundungan siber tersebut adalah pelecehan pertengkaran siber fitnah dan pengucilan. Sedangkan 3 bentuk-bentuk perundungan siber di media sosial pada orang berprestasi seperti akun palsu tipu daya dan penguntitan siber tidak ditemukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101247

Actions (login required)

View Item View Item