Hubungan Persepsi Beban Kerja dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan Part Time dan Kontrak Pizza Hut di Kota Malang / Nadya Rizky Amanda

Amanda, Nadya Rizky (2018) Hubungan Persepsi Beban Kerja dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan Part Time dan Kontrak Pizza Hut di Kota Malang / Nadya Rizky Amanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amanda, N.R. 2018. Hubungan Persepsi Beban Kerja dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan Part Time dan Kontrak Pizza Hut di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si. (II) Gamma Rahmita U.H., S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: persepsi beban kerja, komitmen organisasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran persepsi beban kerja karyawan part time dan kontrak Pizza Hut di Kota Malang (2) gambaran komitmen organisasi karyawan part time dan kontrak Pizza Hut di Kota Malang (3) hubungan persepsi beban kerja dengan komitmen organisasi karyawan part time dan kontrak Pizza Hut di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan korelasional dengan subjek penelitian karyawan part time dan karyawan kontrak Pizza Hut di Kota Malang. Adapun sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Instrumen dalam penelitian ini berupa skala persepsi beban kerja dan skala komitmen organisasi. Uji coba instrumen dilaksanakan di Pizza Hut cabang Malang pada tanggal 14-17 Juli 2018. Validitas diukur dengan menggunakan Pearson product moment. Reliabilitas diukur menggunakan formula Alpha Cronbach dengan hasil skala persepsi beban kerja 0,945 dan skala komitmen organisasi 0,932. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar karyawan part time dan karyawan kontrak Pizza Hut cabang Malang memiliki persepsi beban kerja yang tinggi (2) lebih dari setengah karyawan karyawan part time dan karyawan kontrak Pizza Hut cabang Malang memiliki komitmen organisasi yang rendah (3) ada hubungan negatif antara persepsi beban kerja dengan komitmen organisasi dengan rxy = -0,687, p = 0,000 < 0,05. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah (1) bagi perusahaan bisa memberikan kegiatan-kegiatan yang bersifat formal maupun informal bagi karyawan seperti sharing session dimana karyawan bisa berbagi cerita tentang pekerjaannya, kemudian bisa juga dengan memberikan reward pada pekerja yang berprestasi, dan memberikan kejelasan status karyawan untuk karyawan yang memang kinerjanya bagus (2) Karyawan diharapkan dapat mengatasi masalah yang terjadi di perusahaan agar dapat bekerja dengan maksimal. Dan juga mau berbagi keluh kesah dalam pekerjaannya pada rekan kerja ataupun atasan sehingga tidak menjadi beban (3) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan metode kualitatif agar dapat mengetahui dan memperoleh hasil penelitian yang lebih dalam dengan deep interview atau dalam penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan variabel lain yang berasal dari faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101243

Actions (login required)

View Item View Item