Hubungan antara stres kerja dengan komitmen organisasi pada karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata / Vivi Isa Ardianti

Ardianti, Vivi Isa (2018) Hubungan antara stres kerja dengan komitmen organisasi pada karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata / Vivi Isa Ardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ardianti, V.I. 2018. Hubungan antara Stres Kerja dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si. (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: stres kerja, komitmen organisasi Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui gambaran stres kerja pada karyawan Bank BRI Cabang malang Martadinata (2) mengetahui gambaran komitmen organisasi pada karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata (3) mengetahui hubungan stres kerja dengan komitmen organisasi pada karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan korelasional dengan populasi karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata adapun sampel diperoleh dengan metode accidental sampling dengan memberikan kuesioner kepada supervisor penunjang operasional. Instrumen penelitian ini berupa skala stres kerja dan skala komitmen organisasi. Validitas pada skala stres kerja dan komitmen organisasi diukur menggunakan product moment. Reliabilitas diukur dengan menggunakan formula Cronbach Alpha dengan hasil skala stres kerja 0,887, dan skala komitmen organisasi 0,907. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) stres kerja pada karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata tergolong tinggi (65%), (2) komitmen organisasi pada karyawan Bank BRI Cabang Malang Martadinata tergolong rendah (56%) dan (3) ada hubungan negatif antara stres kerja dengan komitmen organisasi (rxy = -0,381, p = 0,003 < 0,05). Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah (1) bagi organisasi atau perusahaan untuk mengurangi stres kerja pada karyawan dan meningkatkan komitmen organisasi karyawan hendaknya organisasi mengadakan pelatihanpelatihan agar tercipta hubungan yang baik antar sesama anggota maupun anggota dengan organisasi serta melakukan aktifitas bersama di luar ruangan (2) bagi peneliti selanjutnya Jika ingin melakukan penelitian serupa, penelitian ini hanya berfokus pada komitmen organisasi dengan stres kerja. Maka perlu dikaji lebih dalam mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi stres kerja; beban kerja, masa jabatan, lingkungan. Jika menggunakan variabel yang sama, disarankan untuk memperluas populasi penelitian agar hasil penelitian yang diperoleh menjadi lebih variatif dan lebih akurat. Perbaikan instrumen dan teknik analisis juga perlu dilakukan agar hasil yang didapat pada penelitian selanjutnya lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101241

Actions (login required)

View Item View Item