Pengaruh syukur terhadap kesejahteraan psikologis pada ibu dengan anak bergangguan spektrum autis / Wildah Syahidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh syukur terhadap kesejahteraan psikologis pada ibu dengan anak bergangguan spektrum autis / Wildah Syahidah

Syahidah, Wildah (2018) Pengaruh syukur terhadap kesejahteraan psikologis pada ibu dengan anak bergangguan spektrum autis / Wildah Syahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syahidah Wildah. 2018. Pengaruh Syukur Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Ibu Dengan Anak Bergangguan Spektrum Autis.Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Eva M.Psi (II) Diantini Ida Viatrie S.Psi M.Si. Kata Kunci kesejahteraan psikologis syukur dan ibu dengan anak bergangguan spektrum autis (GSA)Kesejahteraan psikologis adalah suatu kondisi dimana individu mengembangkan kualitas fungsi psikologisnya secara optimal supaya dapat efektif dalam menjalankan hidup. Kesejahteraan psikologis ibu dengan anak GSA penting untuk dioptimalkan. Faktor yang diduga dapat memengaruhi kesejahteraan psikologis adalah syukur. Syukur membuat individu mengalami kesejahteraan secarakeseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang (1) deskripsi syukurpada ibu dengan anak GSA di Malang (2) deskripsi kesejahteraan psikologis pada ibu dengan anak GSA di Malang (3) adakah pengaruh syukur terhadap kesejahteraan psikologis ibu dengan anak GSA di Malang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada ibu dengan anak GSA SLB Autis Lab Universitas Negeri Malang sejumlah 30 orang. Sampel penelitian yang digunakan sejumlah 30 subjek yaitu lima subjek di SLB Autis River Kids sepuluh subjek di Zero To Five dan 15 subjek di Psycho Care. Subjek diperoleh dengan teknik incidental sampling.Instrumen yang digunakanadalah skala kesejahteraan psikologis sebanyak 54 aitem dengan reliabilitas 0 946 dan skala syukur sebanyak 30 aitem dengan reliabilitas 0 914. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesejahteraan psikologis ibu dengan anak GSA di Malang berada dalam kategori tinggi (2) syukur ibu dengan anak GSA di Malang berada dalam kategori tinggi (3) syukur memengaruhi kesejahteraan psikologis ibu dengan anak GSA di Malang sebesar 23 1% (Rsquare0 231 sig.0 007 0 05). Hal ini berarti bahwa 23 1% kesejahteraan psikologis pada ibu dengan anak GSA di Malang dipengaruhi oleh variabel syukur sisanya 76 9% dipengaruhi oleh variabel lain.Saran yang diberikan terkait hasil penelitian ini adalah (1)ibu dengan anak GSA di Malang diharapkan meningkatkan penghayatan terhadap kebaikan-kebaikan yang diterjadi di dalam kehidupannya supaya dapat memiliki kesejahteraan psikologis yang baik (2) bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel yang memengaruhi kesejahteraan psikologis seperti dukungan sosial religiusitas dan kepribadian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendalami dinamika psikologis kesejahteraan psikologis dan syukur pada ibu dengan anak GSA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101240

Actions (login required)

View Item View Item