Sari, Henika Ratna (2010) Penggunaan metode experiental learning untuk meningkatkan kemampuan menulis karanngan narasi dalam buku harian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Turen / Henika Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Kompetensi dasar menulis buku harian diajarkan kepada siswa dalam konsepnya bertujuan agar siswa secara leluasa berlatih menulis narasi di buku harian sampai siswa mampu menulis narasi dengan baik. Namun kenyataannya guru masih belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih dengan baik menulis karangan di buku harian. Guru menganggap bahwa siswa dengan sendirinya akan mampu menguasai ketrampilan ini seiring dengan diajarkannya ketrampilan yang lain. Akibatnya kemampuan menulis siswa sangat rendah. Penelitian ini bermaksud meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa dengan menggunakan metode Experiential Learning. Dalam metode Experiential Learning terdapat empat tahap yaitu (1) pengalaman konkret (2) refleksi (3) Konseptualisasi/berpikir abstrak dan (4) penerapan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ditujukan pada peningkatan kemampuan menulis siswa pada tahap prapenulisan dan proses penulisan. Pada tahap proses penulisan fokus penelitian ditujukan pada peningkatan kemampuan menulis siswa pada aspek unsur narasi dan aspek kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan narasi dalam buku harian berdasarkan pengalaman mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Kata kunci menulis karangan narasi buku harian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10124 |
Actions (login required)
View Item |